Bersih Itu Belum Tentu Bebas Kuman

Memiliki rumah yang bersih merupakan idaman dan harapan setiap keluarga. Lingkungan yang tertata rapi, lantai yang mengkilap, dinding yang bersih serta kaca yang kinclong akan membuat suasana rumah menjadi nyaman dan menentramkan. Tapi apakah kondisi rumah seperti itu sudah pasti bebas kuman?

Kuman atau mikroorganisme adalah makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil alias tidak kasat mata yang ada dan hidup di sekitar kita. Ada triliunan kuman yang hidup dan berkembang biak di lingkungan sekitar kita. Kuman kuman ini ada yang baik atau tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia tetapi tidak sedikit yang dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya.

Pajak Games

Tempat hidup kuman pun sangat bervariasi, ada yang hidup di lingkungan tempat tinggal kita, ada pula yang ‘menumpang’ hidup pada tubuh manusia. Karena ukurannya yang sangat kecil, mereka dengan mudah dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan bila suasana lingkungan yang baru sesuai dengan mereka maka kuman ini akan berkembang biak disana.

Loading...

Salah satu contoh lingkungan yang paling dekat dengan kita dan bisa menjadi sarang kuman adalah rumah kita. Di dalam rumah ada banyak lokasi yang bisa menjadi tempat bersarangnya kuman seperti toilet, dapur, lantai, dinding, sofa dan bahkan tempat tidur. Tapi ada satu lokasi sarang kuman seperti E. Coli, sering kita pegang dan selalu terlupakan, yaitu gagang pintu di seluruh pintu rumah.

Bayangkan saja kegiatan kita selama satu hari di rumah, mulai dari dapur, kamar mandi, halaman rumah, keluar rumah, masuk rumah, semua itu dilakukan oleh seluruh anggota keluarga dalam sehari. Belum lagi faktanya kita keluar masuk pintu rumah tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Bayangkan ada berapa juta kuman penyebab penyakit yang bersarang disana? Pasti ini sering kali luput dari perhatian.

Karena ukurannya yang sangat kecil, kuman ini menjadi tidak terlihat dengan mata telanjang. Sesuatu yang tampak bersih jika dilihat dengan mikroskop sejatinya sangat banyak mengandung kuman. Mengapa demikian? Karena alat alat yang kita gunakan membersihkan rumah atau lantai tidak mampu membunuh atau menyingkirkan kuman kuman ini.

Lalu bagaimana caranya menyingkirkan kuman ini dari rumah kita? Kuman ini bisa kita singkirkan dengan menggunakan antiseptik yang memang dibuat untuk membasmi kuman, seperti Dettol Antiseptic Liquid. Penggunaan antiseptic ini juga perlu diperhatikan baik-baik dan mengikuti aturan pakai/ takaran yang tertera di kemasannya. Utamakan bahan pembersih yang aman bagi lingkungan pada umumnya dan tubuh manusia pada khususnya. Jangan sampai kita bermaksud membunuh kuman tetapi malah menimbulkan masalah kesehatan pada lingkungan rumah kita.

Nah, bagaimana dengan rumah anda? Apakah sudah bersih dan juga bebas kuman?

Tulis Komentar

loading...