Berhenti Menggunakan Aplikasi Facebook

Yap, mulai hari ini saya berhenti menggunakan aplikasi facebook di Android. Pasti banyak yang nanya kenapa? Gak ada alasan lain selain ingin lebih berhemat memori, baterai dan space penyimpanan HP.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling beken saat ini. Ada milyaran user yang rajin berbagi menggunakan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini. Kepopuleran facebook juga diikuti oleh tingginya angka pengguna aplikasi facebook di android. Aplikasi ini pula yang selalu saya pasang sejak pertama menggunakan Android.

Sayangnya, semakin lama aplikasi facebook semakin boros dengan memori, terutama saat ada perbaikan tampilan antar muka yang makin dinamis. Memang diakui, perbaikan tampilan pastikan akan berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan memori dan berbanding terbalik dengan pemakaian baterai.

Memuat...

Sadar akan hal tersebut, mulai hari ini saya menghapus aplikasi facebook di android dan mulai merasakan android saya lebih enteng serta penggunaan memori gak pernah lebih dari 70%. Suatu peningkatan kinerja yang lumayan karena sebelumnya, penggunaan memori selalu diatas 80%.

Lalu bagaimana saya membuka facebook di HP? Saya menggunakan shortcut facebook via browser chrome. Caranya?

1. Buka facebook.com di browser chrome.

2. Setelah halaman facebook terbuka sempurna, klik menu, pilih ‘Tambahkan ke Layar utama’

3. Saat muncul pilihan nama untuk shortcut baru, pilih nama Facebook.

Simpel khan? Bila ingin masuk ke facebook, tinggal klik shortcut facebook yang ada di layar utama maka browser facebook akan langsung terbuka.

Cara ini buka tanpa kelemahan, beberapa kelemahannya antara lain

1. Tidak adanya notifikasi dari facebook seperti halnya saat kita menggunakan aplikasi facebook (saya pribadi memang tidak membutuhkan notifikasi ini jadi gak terlalu terasa).

2. Foto atau video yang ada di galeri tidak bisa dibagi langsung ke facebook. Saya mengakali ini dengan berbagi via Instagram atau Path, toh hasilnya sama saja.

Gimana? Mau mencoba?

Nih buat jajan