Pilih-pilih Asuransi, Sesuaikan dengan Keuangan Anda

tips pasutri

tips pasutri

Pentingnya mempunyai asuransi jiwa sekarang ini sudah disadari banyak orang. Melindungi keluarga dari terjadinya pukulan finansial, apalagi ketika pencari nafkah sudah tidak ada atau tidak bisa bekerja, merupakan keputusan bijak. Hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, sehingga bagi Anda yang telah mendaftarkan diri ke asuransi bisa merasa lebih tenang.

Memilih asuransi terbaik

Hal yang menjadi hambatan banyak orang adalah memilih asuransi yang bagus dengan premi terjangkau. Anda telah melihat bahwa ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia. Beberapa sudah terkenal sangat bagus dan mempunyai sejarah yang cukup panjang. Perusahaan banyak, tetapi mana yang paling pas untuk keuangan anda? Premi bagaimanapun tetap harus dibayar setiap bulannya.

Inilah beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait dengan masalah keuangan untuk asuransi:

  • Cakupan asuransi

Cari tahu seberapa besar cakupan asuransi tersebut, karena akan berpengaruh terhadap premi. Semakin luas cakupannya, tentu premi yang anda bayar akan semakin tinggi. Sebaiknya anda hubungi penasihat keuangan untuk mengkalkulasi apa saja yang anda butuhkan.

  • Budget yang dimiliki

Langsung memilih produk asuransi paling mahal akan membuat anda mengalami kesulitan dalam membayar premi bulanan. Lihat budget yang anda punya, berapa yang bisa anda sisakan untuk asuransi?

  • Prioritas selain asuransi

Apakah anda masih mempunyai prioritas lain dalam hal finansial yang perlu dibereskan terlebih dahulu sebelum asuransi? Mungkin anda masih memiliki kredit kendaraan, atau ada keperluan lain.

Penghematan premi

Anda harus tahu, bahwa ketika anda mendaftarkan diri ke dalam asuransi untuk proteksi jiwa, harga premi yang harus anda bayar akan terus menanjak. Hal ini untuk menyesuaikan dengan inflasi dan juga asumsi bahwa semakin anda bertambah umur, semakin banyak resiko juga yang harus anda persiapkan. Hal ini membawa dampak lain, yaitu kenyataan bahwa meski premi naik, keadaan finansial anda sendiri tidak banyak berubah.

Agar anda bisa menghemat demi membayar premi anda, dan juga menjaga agar anda tidak semakin beresiko terkena masalah kesehatan sendiri, inilah beberapa cara untuk menghematnya:

  • Cari tahu penghitungan usia

Kebanyakan perusahaan asuransi menentukan usia anda ketika mendaftar dengan melihat apakah anda lebih dekat dengan ulang tahun Anda sekarang atau berikutnya. Jika perusahaan menghitung berdasar usia Anda, maka Anda bisa hemat karena premi lebih rendah.

  • Bayar premi per tahun

Meski terlihat jumlahnya besar, sebenarnya membayar premi tahunan lebih hemat daripada bulanan, apalagi jika perusahaan asuransi memberikan diskon.

  • Ikut asuransi secepatnya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika Anda memang ingin menghemat premi, maka segera ikut asuransi. Semakin tua Anda, semakin tinggi preminya.

  • Pekerjaan risiko rendah

Premi yang harus Anda bayar akan lebih rendah lagi, jika Anda bekerja dengan di dalam ruangan, dan mempunyai resiko rendah, seperti karyawan, guru, dll.

  • Hidup sehat

Jika Anda selama ini diketahui suka merokok, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan, serta kelebihan berat badan, asuransi pasti akan memberikan premi yang jauh lebih tinggi daripada biasanya.

Memilih asuransi jiwa terbaik harus juga mempertimbangkan dari kemampuan finansial Anda sendiri. Jika perusahaan asuransi tersebut sudah berpengalaman, mempunyai reputasi yang bagus, dan produk asuransi yang ditawarkan cocok untuk Anda dengan manfaat yang tinggi, maka asuransi itulah yang terbaik untuk Anda. Jangan lupa, pelajari polis yang diberikan kepada Anda agar Anda tahu persis tentang syarat dan ketentuan untuk mengajukan klaim.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.