Ini Alasan Mengapa Kita Perlu Tidur Siang

tips pasutri

tips pasutri

Tidur siang itu penting tapi sedikit yang benar benar paham kenapa tidur siang begitu penting. Karena belum paham pentingnya tidur siangpentingnya tidur siang maka banyak diantara kita yang mengabaikannya.

Selain karena kurang paham pentingnya tidur siang, banyak juga yang tidak tidur siang karena alasan pekerjaan atau tidak sempat melakukannya. Kesibukan tenggelam dalam pekerjaan menyebabkan tidak adanya waktu untuk tidur siang.

Di beberapa negara maju, pentingnya tidur siang sudah mulai disadari oleh sebagian besar penduduknya. Di Jepang malah ada salon yang khusus menyediakan tempat bagi mereka yang ingin tidur siang.

Jika menilik fakta tidur siang menurut para ahli maka kita memang butuh lebih banyak tidur siang. Menurut para ahli, manusia merupakan salah satu dari sedikit mamalia yang masuk ke dalam kategori penidur monofasik. Artinya, manusia membutuhkan tidur yang panjang lalu terjaga dalam waktu yang panjang juga.

Berikut beberapa alasan mengapa tidur siang itu sangat penting:

Tidur siang dapat meningkatkan fungsi memori

Menurut studi yang dilakukan oleh NASA pada para astronot-nya, tidur yang cukup dan disertai dengan tidur siang dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Lebih spesifik lagi, mereka yang rajin tidur siang memiliki kemampuan mengingat atau memori yang lebih baik. Tentu saja ini akan meningkatkan konsentrasi saat menerima dan melakukan tugas.

Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan

Masih menurut studi NASA, tidur siang bila dikombinasi dengan tidur yang cukup dalam 24 jam dapat meningkatkan kewaspadaan seseorang. Artinya, tidur siang dapat dikombinasikan dengan tidur pada malam hari agar kewaspadaan seseorang tetap terjaga.

Bila kurang tidur di malam hari, cobalah untuk ‘membayar’ di siang hari agar kewaspadaan dan konsentrasi tetap terjaga.

Tidur siang dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas

Beberapa studi yang khusus mempelajari tentang tidur menemukan tidur siang tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang tapi jauh lebih banyak daripada itu.

Tidur siang mengurangi kantuk di jam jam produktif sehingga seseorang yang telah tidur siang dapat meningkatkan produktifitas dan kreatifitas saat itu.

Baca juga: Saatnya Anak Tidur Siang

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.