5 Langkah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko sakit jantung dan serangan jantung. Anda dapat menurunkan kadar kolesterol dengan minum obat anti kolesterol tapi ada beberapa perubahan pola hidup yang bisa anda lakukan untuk menurukan kolesterol tanpa obat obatan.

1. Mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung

Pajak Games

Jika selama ini makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang tidak sehat, segeralah berubah untuk dapat meningkatkan kesehatan jantung. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti lemak tak jenuh. Kurangi makanan yang mengandung lemak tidak sehat seperti lemak jenuh.

Hindari makanan yang mengandung trans fat seperti cookies, crackers dan lain lain. Transfat dapat meningkatkan kadar kolesterol ‘jahat’ pada darah dan menurunkan kadar kolesterol ‘baik’.

Lebik baik lagi bila selalu mengonsumsi makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3. Kacang kacangan, ikan adalah beberapa contoh makanan yang kaya dengan asam lemak omega 3.

2. Olahraga dan tingkatkan aktivitas fisik

Olahraga dapat memperbaiki kadar kolesterol. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Berolahragalah minimal 30 menit setiap hari untuk mendapatkan kesehatan jantung yang optimal.

3. Berhenti merokok

Jika anda merokok, segeralah berhenti. Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Manfaatnya tidak hanya itu, setelah 20 menit berhenti merokok, tekanan darah dan denyut nadi akan menurun. Dalam setahun sejak berhenti merokok, risiko sakit jantung menjadi menurun setengahnya. Setelah 15 tahun berhenti, risiko sakit jantung menjadi sama dengan mereka yang tidak merokok.

4. Turunkan berat badan

Peningkatan berat badan memiliki andil dalam meningkatkan kadar kolesterol. Menurunkan berat badan 5 – 10 persen dari berat badan yang berlebihan dapat memperbaiki kadar kolesterol.

5. Jauhi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol. Mengurangi konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Tulis Komentar

loading...

loading...