Toxoplasmosis

Toxoplasmosis atau kerap disingkat toxo adalah infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme bersel satu yang bernama Toxoplasma gondii. Kuman ini dapat masuk ke dalam jaringan dan merusak otak khususnya pada janin dan bayi yang baru lahir.

Parasit Toxoplasma gondii merupakan salah satu parasit yang sangat umum di lingkungan kita. Untungnya jarang orang yang terinfeksi parasit ini jatuh sakit karena kuatnya sistem kekebalan tubuh.

Gejala umum terinfeksi toxo sangat mirip dengan gejala flu seperti demam, lesu, sakit kepala, pembengkakan pada kelenjar limfe (lympadenopathy) dan nyeri pada otot. Gejala ini akan menghilang dalam beberapa hari sampai beberapa minggu.

Memuat...

Toxo dapat ditularkan saat tangan yang tercemar kotoran kucing menyentuh mulut. Toxo juga dapat ditularkan saat mengonsumsi daging yang setengah matang terutama daging babi dan sapi.

Mereka yang daya tahan tubuhnya tidak bagus berisiko mengalami gejala infeksi toxo yang lebih berat. Mereka yang berisiko ini antara lain:

  • Anak anak atau orang dewasa yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.
  • Mereka yang menderita AIDS.
  • Mereka yang menjalani kemoterapi.
  • Mereka yang menerima transplantasi organ atau sedang menjalani pengobatan yang menekan sistem immun.
  • Janin dan bayi yang baru lahi.

Toxoplasma gondii merupakan salah satu penyebab terjadinya kecacatan pada janin. Jika yang terinfeksi adalah wanita yang sedang hamil maka parasit toxo dapat menular ke janin melalui plasenta dan menyebabkan masalah pembentukan organ pada janin.

Bayi yang lahir dengan infeksi toxo (toxoplasmosis kongenital) dapat mengalami keterbelakangan mental, kejang (epilepsi), kekakuan otot, cerebral palsy, tuli dan kebutaan.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *