Tips Menjaga Kesehatan Sel Sperma

motorqq
win228

Setelah mengetahui beberapa tanda yang menentukan sehat tidaknya sel sperma, berikut saya akan membahas beberapa tips untuk menjaga kesehatan sel sperma.

Kesuburan seorang pria ditentukan oleh sehat atau tidaknya sel sperma yang dihasilkan. Namun tidak sedikit pria yang tidak mengetahui cara menjaga sel spermanya agar tetap sehat.

Banyak faktor mempengaruhi kesehatan sel sperma, beberapa diantaranya:

Memuat...

1. Berat badan

Beberapa penelitian menemukan, peningkatan BMI berhubungan dengan penurunan jumlah dan pergerakan sel sperma. Untuk itu, jagalah berat badan selalu dalam kondisi sehat agar kesehatan sel sperma tetap terjaga dengan baik.

2. Makanan

Perbanyaklah konsumsi buah buahan dan sayur sayuran yang kaya dengan antioksidan. Jenis makanan ini membantu meningkatkan kesehatan sel sperma.

3. Penyakit Infeksi Seksual

Penyakit infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonorrhea dapat menyebabkan ketidaksuburan pada pria. Untuk melindungi diri, jangan suka bergonta ganti pasangan seksual atau gunakan kondom setiap kali melakukan hubungan seksual yang berisiko. Tapi yang terbaik adalah setia pada pasangan yang tidak terinfeksi penyakit menular seksual.

4. Kelola stress

Stress dapat menurunkan fungsi seksual dan menganggu hormon yang diperlukan untuk memproduksi sel sperma.

5. Bergerak

Rajin bergerak atau olahraga dapat meningkatkan kadar antioksidan yang membantu melindungi sel sperma dari kerusakan.

6. Merokok

Pria yang merokok umumnya memiliki jumlah sel sperma yang sedikit. Merokok juga menurunkan pergerakan sel sperma dan merusak bentuk sel sperma.

7. Alkohol

Suka minum minuman beralkohol dapat menurunkan produksi testosteron, meningkatkan risiko impoten dan menurunkan produksi sel sperma.

8. Pelumas

Penggunaan pelumas atau pelicin saat berhubungan intim dapat menganggu pergerakan sel sperma sehingga mengecilkan kemungkinan hamil. Jika terpaksa, gunakan pelicin berbahan alami atau berbahan dasar air.

9. Obat obatan

Obat obatan seperti obat anti depresan, anti androgen dan obat obatan tertentu lainnya dapat menganggu kesuburan pria. Bila sedang merencanakan kehamilan, diskusikan tentang obat obatan tersebut dengan dokter yang merawat saat ini.

10. Pengobatan kanker

Kemoterapi dan radiasi untuk pengobatan kanker dapat menganggu produksi sel sperma dan dapat menyebabkan ketidaksuburan secara permanen.

11. Toksin

Paparan pestisida, logam berat dan beberapa jenis toksin yang lain dapat menganggu kualitas dan kuantitas sel sperma. Gunakan perlindungan diri yang memadai saat bekerja di lingkungan yang banyak toksinnya.

12. Suhu

Peningkatan suhu pada kantong zakar atau skrotum dapat menganggu produksi sel sperma. Hindari hal hal yang dapat menganggu regulasi suhu dari skrotum seperti celana dalam yang terlalu ketat, berendam lama di air panas, dan lain lain.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *