Makanan Perusak Kualitas Tidur

Tidur yang berkualitas merupakan pilar utama dari hidup sehat bersama dengan aktivitas fisik, minum yang cukup, stress yang rendah dan konsumsi makanan yang sehat. Sayangnya tidak sedikit dari kita yang sulit mendapatkan tidur yang berkualitas dengan berbagai faktor penyebab.

Salah satu penyebab sulitnya mendapatkan tidur yang berkualitas adalah konsumsi makanan atau minuman yang salah pada saat menjelang tidur. Berikut beberapa makanan atau minuman yang dapat menganggu kualitas tidur.

Pajak Games

Alkohol

Loading...

Segelas minuman beralkohol memang menyebabkan seseorang mengantuk tetapi tidur yang terjadi tidak sampai tidur nyenyak. Tidur setelah minum minuman beralkohol akan menyebabkan seseorang kerap terjaga sehingga kualitas tidurnya tidak bagus. Akibatnya, keesokan hari orang tersebut masih mengantuk dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Buah buahan kaya air

Buah buahan yang banyak mengandung air seperti mentimun dan semangka berfungsi sebagai diuretik alami artinya buah buahan tersebut dapat menyebabkan frekuensi berkemih menjadi meningkat. Tentu saja kalau sering seing ke belakang akan menyebabkan kualitas tidur juga menjadi terganggu.

Makanan berlemak dan gorengan

Lambung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang berlemak atau gorengan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada perut di malam hari. Jika lambung dan perut tidak nyaman tentu membuat tidur akan terganggu. Hindari mengonsumsi makanan jenis ini 3 jam sebelum tidur.

Cokelat dan kopi

Jika tubuh sensitif terhadap kafein, sedikit saja kafein yang masuk ke dalam tubuh akan menstimulasi otak menyebabkan mata terang benderang dan susah tidur. Salah satu makanan berkafein yang kerap dimakan saat malam adalah cokelat. Hindari makanan makanan ini jika memang tubuh sangat sensitif terhadap kafein.

Daging

Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencerna daging khususnya daging steak yang tebal. Jika mengonsumsi banyak daging menjelang tidur, lambung bekerja ekstra keras dalam mencernanya bahkan saat kita tertidur. Itu artinya, tubuh tidak bisa beristirahat dengan baik saat tidur sehingga tidurnya tidak nyenyak.

Soda

Minuman bersoda kaya dengan gula dan kafein, suatu kombinasi yang tidak bagus bila dikonsumsi menjelang waktu tidur. Gula pada soda menyebabkan kadar gula darah melonjak dan kafein merupakan stimulan otak, ujung ujungnya tidur menjadi tidak nyenyak.

Tulis Komentar

loading...