7 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

motorqq
win228

Punya tekanan darah tinggi atau hipertensi? Penyakit yang kerap disebut silent killer ini memang belum bisa disembuhkan dan yang bisa dilakukan hanya mengendalikan agar tidak melonjak tinggi dan menyebabkan komplikasi.

Selama ini penderita hipertensi bergantung pada obat anti hipertensi untuk menjaga tekanan darahnya tetap terkontrol. Yang jarang diketahui adalah tekanan darah bisa dikendalikan dengan beberapa langkah mudah tanpa harus bergantung pada obat.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi tanpa lagi tergantung pada obat obatan.

Memuat...

1. Turunkan berat badan atau kecilkan perut yang membuncit.

Tekanan darah kerap meningkat seiring dengan peningkatan berat badan. Menurunkan beberapa kilogram berat badan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan pengaturan diet atau makanan yang masuk ke dalam perut.

2. Olahraga yang rutin

Rutin berolahraga minimal 30 sampai 60 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah 4 sampai 9 mmHg. Asal dilakukan dengan rutin maka penurunan tekanan darah dapat lebih stabil.

3. Makanlah makanan yang sehat

Selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat menurunkan tekanan darah sampai 14 mmHg. Catatlah apa yang dimakan setiap hari dan perbanyak konsumsi serat yang berasal dari buah buahan dan sayuran. Buah buahan juga kaya dengan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah.

4. Kurangi garam

Garam adalah musuh bagi penderita hipertensi. Penderita hipertensi sedapat mungkin mengurangi jumlah garam yang masuk ke dalam tubuhnya. Pengurangan konsumsi garam dapat menurunkan tekanan darah sampai 8 mmHg. Jumlah maksimal garam yang boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah 2.300 mg atau bila penderitanya berusia diatas 50 tahun maka jumlah maksimalnya adalah 1.500 mg.

5. Jauhi alkohol

Menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minuman beralkohol tidak hanya jelek bagi tubuh secara umum tapi juga sangat tidak bagus efeknya terhadap tekanan darah.

6. Kurangi kafein

Peranan kafein pada tekanan darah masih menjadi perdebatan. Tekanan darah memang bisa naik sekitar 10 mmHg saat mengonsumsi kafein tapi kondisi ini terjadi pada mereka yang jarang mengonsumsi kafein. Tapi kondisi ini tidak terjadi pada mereka yang terbiasa mengonsumsi kafein.

7. Monitor tekanan darah secara rutin

Hipertensi adalah silent killer artinya penyakit ini membunuh tanpa disadari sebelumnya. Itu sebabnya hipertensi harus dideteksi secara dini. Caranya dengan memonitor tekanan darah secara rutin. Pengecekan tekanan darah bisa dilakukan di rumah dengan alat digital yang bisa dibeli di apotek atau ke tempat tempat pelayanan kesehatan. Makin dini diketahui peningkatan tekanan darah yang terjadi maka akan makin mudah untuk dilakukan pengendalian.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *