Ini Dia Risiko Melahirkan Normal

tips pasutri

tips pasutri

Dibandingkan dengan operasi seksio sesaria atau operasi sesar, melahirkan secara normal memang lebih sedikit risiko komplikasi yang terjadi baik bagi ibu maupun janin. Bahkan sebagian besar ibu yang melahirkan normal sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa beberapa saat setelah melahirkan.

Meskipun demikian, bukan berarti melahirkan normal tidak menimbulkan risiko baik bagi ibu maupun bayinya. Berikut beberapa risiko yang mungkin terjadi saat proses persalinan normal.

Proses persalinan macet

Komplikasi ini kerap terjadi saat leher rahim atau serviks tidak membuka dengan normal saat proses persalinan. Jika hal ini terjadi maka ibu hamil akan diberikan obat obatan untuk merangsang kembali persalinan atau dipersiapkan untuk dilakukan operasi sesar.

Detak jantung janin yang abnormal

Kebanyakan detak jantung janin yang abnormal selama proses persalinan bukanlah pertanda adanya suatu masalah pada janin. Penolong persalinan akan meminta ibu hamil untuk memperbaiki posisi berbaring agar janin kembali mendapatkan suplai darah yang optimal. Jika pada pemeriksaan ada masalah yang terjadi pada janin maka persalinan harus secepatnya dilakukan atau bila perlu dilakukan operasi sesar.

Asphyxia perinatal

Kondisi ini terjadi saat bayi tidak mendapatkan cukup oksigen di dalam rahim saat proses persalinan atau beberapa saat setelah dilahirkan.

Distosia bahu

Pada situasi ini, kepala bayi telah keluar dari jalan lahir tetapi salah satu bahunya tersangkut di dalam. Pada kondisi ini biasanya jalan lahir diperlebar untuk mengeluarkan bahu bayi yang nyangkut.

Perdarahan

Jika persalinan menyebabkan rahim tidak berkonstraksi maksimal saat melahirkan placenta, perdarahan bisa terjadi. Perdarahan merupakan penyebab kematian utama pada ibu yang melahirkan. Pemberian obat obatan tertentu dapat mengurangi terjadinya perdarahan.

Itulah beberapa komplikasi yang bisa terjadi pada saat proses persalinan normal.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.