Inilah Penyebab Bau Nafas Tidak Sedap

motorqq
win228

Merasa gak pede dengan bau nafas yang tidak sedap? Bau nafas tidak sedap sangat wajar setelah kita makan makanan yang banyak mengandung bawang atau seseorang yang menderita penyakit halitosis.

Tapi, apa sih yang menjadi biang kerok sebenarnya dari bau nafas yang tidak sedap? Berikut daftarnya:

1. Makanan

Memuat...

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap seperti bawang merah, bawang putih, kubis dan beberapa jenis bumbu. Bau ini muncul setelah makanan ini dicerna dan gasnya keluar melalui mulut dan paru paru.

2. Kebersihan mulut yang buruk

Bau nafas yang tidak sedap kerap terjadi karena banyaknya bakteri yang tumbuh di dalam rongga mulut. Ketika makanan dikunyah dan tertinggal di dalam mulut, populasi bakteri juga bertambah banyak. Kondisi ini terjadi terutama saat orang malas menggosok gigi atau cara menggosok gigi yang salah sehingga masih banyak sisa makanan yang masih tertinggal.

3. Gigi palsu

Gigi palsu, tambalan atau alat bantu mengunyah yang tidak dibersihkan dengan baik akan menjadi tempat bagi sisa sisa makanan yang akan menyuburkan bakteri di dalam mulut. Banyaknya sisa sisa makanan dan bakteri ini juga menjadi penyebab bau nafas yang tidak sedap.

4. Gigi berlubang

Setiap ada masalah pada mulut seperti gigi berlubang, abses pada gigi, penyakit pada gusi atau sariawan, bakteri dapat tumbuh dengan subur dan menyebabkan bau nafas yang tidak sedap.

5. Mulut kering

Ludah membantu membersihkan rongga mulut, menyingkirkan sel sel yang sudah mati dan menetralisir asam. Ketika ludah berkurang produksinya, sel sel yang sudah mati tidak tersingkirkan dengan baik dan asam tidak dinetralisir maka munculah bau nafas yang tidak sedap. Mulut kering bisa terjadi secara alami saat tidur terutama tidurnya sambil membuka mulut. Mulut kering juga bisa karena efek samping obat obatan tertentu dan penyakit gangguan pada kelenjar ludah.

6. Benda asing pada hidung

Kondisi ini kerap dialami oleh anak anak yang memasukan benda benda tertentu pada lubang hidung. Bila benda ini tidak dikeluarkan maka dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap.

7. GERD

Pada orang yang menderita gastroesofageal reflux disease atau GERD, makanan dapat naik ke kerongkongan dan dapat menimbulkan bau nafas yang tidak sedap.

8. Obat obatan

Beberapa obat seperti obat anti depresi, diuretik dan aspirin dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap karena obat obatan jenis ini dapat menimbulkan kekeringan pada mulut. Minumlah air yang banyak saat minum obat obatan jenis ini.

9. Infeksi saluran nafas

Bronchitis, sinusitis, pneumonia dan penyakit infeksi saluran nafas lainnya menyebabkan terjadinya pemecahan jaringan, keluarnya lendir yang berlebihan yang menyebabkan bau nafas yang tidak sedap.

10. Merokok atau menghisap tembakau

Merokok atau menghisap tembakau dapat menyebabkan bau nafas yang khas. Tembakau bisa tersangkut pada gigi yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri.

11. Penyakit lainnya

Bau nafas yang tidak sedap juga menjadi pertanda dari penyakit diabetes, liver dan ginjal. Bau nafas seperti ini juga bisa terjadi karena masalah pada amandel.

12. Alkohol

Minum minuman beralkohol dalam jumlah banyak akan menyebabkan mulut kering dan berujung pada bau nafas yang tidak sedap.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *