Gaya Hidup Ibu dan Risiko Kegemukan Pada Anak

tips pasutri

tips pasutri

Ibu hamil yang memiliki kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan saat hamil berisiko memiliki anak yang bermasalah dengan berat badan, demikian menurut sebuah studi terbaru.

Peneliti mengamati lebih dari 5.100 anak di Yunani dan menemukan anak anak ini cenderung akan mengalami kegemukan saat menginjak usia 8 tahun jika ibunya mengalami peningkatan berat badan yang jauh diatas kenaikan berat badan yang diperbolehkan saat hamil, tidak berolah raga yang cukup, atau merokok saat hamil.

Disisi lain, peneliti juga menemukan bahwa olahraga yang dilakukan saat hamil dapat menurunkan risiko kegemukan pada anak anak yang dilahirkan.

Meskipun studi ini menemukan hubungan antara gaya hidup ibu saat hamil dengan berat badan anaknya kelak tapi studi ini tidak dirancang utuk membuktikan apakah kebiasaan ibu tersebut menjadi penyebab langsung dari peningkatan berat badan anaknya.

Penelitian ini dipublikasikan secara online di journal BMC Pregnancy and Childbirth.

“Kehamilan merupakan fase dimana seorang wanita harus lebih memperhatikan kesehatannya dan harus menyingkirkan kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol serta lebih banyak melakukan aktivitas yang menyehatkan seperti olahraga,” demikian menurut Labros Sidossis, seorang profesor penyakit dalam dan bedah pada University of Texas Medical  yang ikut terlibat dalam penelitian ini.

“Para dokter dan petugas medis lainnya  harus selalu menyarankan ibu hamil untuk membatasi peningkatan berat badan sesuai dengan rentang kenaikan yang dianjurkan, jangan merokok dan mengonsumsi alkohol dan lebih rajin berolahraga.” Sidossis menambahkan.

Sayangnya, peningkatan berat badan saat hamil menjadi sangat umum akhir akhir ini. Antara tahun 2004 sampai 2007, Institute of Medicine mencatat lebih dari setengah ibu hamil yang diperiksa mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.