Kompres Hangat atau Kompres Dingin?

motorqq
win228

Banyak orang terutama para atlet tidak begitu memahami kapan menggunakan kompres hangat dan kapan menggunakan kompres dingin saat mengalami nyeri atau cidera. Berikut beberapa saran dari ahlinya.

Jika anda mengalami cidera saat olahraga maka pertolongan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan RICE atau Rest, Ice, Compression, Elevation.

Elevasi atau daerah cidera ditinggikan dari jantung adalah bagian terpentig dari pertolongan pertama ini untuk membatasi jumlah darah yang mengalir ke daerah yang mengalami cidera sehingga mengurangi bengkak.

Memuat...

Kompres es atau Ice penting untuk mengecilkan rongga pembuluh darah sehingga mencegah darah mengumpul pada daerah yang mengalami cidera yang dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan bertambah parah yang memperlambat penyembuhan.

Kompres es pada daerah cidera pada 48 sampai 72 jam pertama dapat mencegah terjadinya lebih banyak kerusakan pada jaringan sekunder dan juga membantu meredakan nyeri. 

Kompres es dilakukan selama 20 menit setiap jam nya untuk mencegah kulit mengalami kerusakan karena ditempel es secara terus menerus.

Lalu kapan di kompres hangat?

Kompres hangat merupakan cara terbaik saat nyeri pada otot baik sebelum latihan maupun setelah latihan dilakukan.

Hangat atau panas akan memperlebar rongga pembuluh darah sehingga darah yang mengandung oksigen dan nutrisi mengalir lancar ke jaringan yang mengalami cidera untuk mempercepat penyembuhan. Kompres hangat juga meningkatkan fleksibelitas tendon dan otot.

Bagaimana? Masih bingung?

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *