Probiotik Untuk Redakan Hay Fever

Probiotik Untuk Redakan Hay Fever 1

Bakteri baik atau probiotik baru saja saya bahas disini.. Sebuah penelitian baru menyebutkan jika “bakteri baik” atau probiotik ini dapat membantu meredakan alergi musiman atau hay fever. Tapi untuk menggunakan probiotik sebagai pilihan obat, peneliti masih memerlukan studi lanjutan.

Para ilmuwan menganggap, meningkatnya risiko alergi kemungkinan disebabkan oleh kurangnya bakteri di dalam usus karena kondisi hidup yang kelewat bersih. Hidup pada kondisi lingkungan yang sangat bersih menyebabkan kontak antara kuman dengan tubuh menjadi berkurang sehingga sistem kekebalan tubuh tidak belajar melawan zat zat alergen yang tidak berbahaya.

Peneliti dari Vanderbilt University Medical Center, memeriksa lebih dari 23 studi yang melibatkan 1.919 orang. Kualitas dari studi ini sangat bervariasi tetapi dua studi yang merupakan randomized controlled studies, dijadikan gold standar oleh para ilmuwan.

Memuat...

Para peneliti menemukan, 17 dari studi tersebut menunjukan orang yang menderita alergi musiman yang mengonsumsi probiotik mengalami perbaikan pada sedikitnya satu aspek seperti gejala alergi menjadi berkurang atau kualitas hidup menjadi lebih baik, bila dibandingkan dengan mereka yang diberikan placebo.

Enam studi menunjukan probiotik tidak berpengaruh terhadap gejala hay fever. Studi ini dilaporkan pada International Forum of Allergy & Rhinologyjournal.

Review ini memang menjanjikan namun belum menjadi alasan bagi peneliti untuk merekomendasikan probiotik pada pengobatan alergi musiman karena studi dilakukan menggunakan strain probiotik yang berbeda dan perbedaan kelompok penelitian.

Nih buat jajan