Perananan Nutrisi Dalam Tinggi Badan Anak

Tumbuh kembangnya seorang anak merupakan hal yang mesti diperhatikan oleh setiap orang tua. Salah satu indikator yang dapat dijadikan dalam tolak ukur pertumbuhan adalah tinggi badan seorang anak. Anak dengan konsumsi nutrisi yang cukup dan sehat akan memiliki tinggi badan yang sesuai dengan usianya, sebaliknya jika tinggi badan seorang anak tidak optimal maka ini merupakan sebuah tanda bahwa ada faktor yang menghambat pertumbuhan anak tersebut.

Tinggi badan seorang anak dipengaruhi oleh dua faktor, yakni genetika dan nutrisi. Genetika merupakan faktor turunan yang tidak dapat dirubah. Biasanya orang tua yang tinggi akan memiliki anak dengan badan tinggi dan orang tua yang rendah biasanya akan memiliki anak dengan badan cenderung rendah. Tetapi akankah selalu begitu? Ternyata tidak. Orang tua yang relatif pendek bisa memiliki anak dengan badan tinggi jika sang anak mendapatkan nutrisi yang berkualitas. Sebaliknya orang tua dengan rata rata badan tinggi bisa memiliki anak dengan badan pendek jika nutrisi yang masuk tidak berkualitas. Hal ini dapat dibuktikan pada banyak kejadian. Biasanya tinggi badan kita lebih tinggi dari orang tua dan nenek kakek kita. Kenapa? Karna pada saat sekarang kondisi ekonomi telah jauh meningkat dibanding zaman orang tua kita ataupun zaman nenek kakek kita. Kondisi ekonomi yang lebih baik berarti konsumsi makanan bergizi juga makin meningkat, oleh sebab itulah tinggi badan anak zaman sekarang relative lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Lalu apakah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan tinggi badan optimal ? Ada dua nutrisi terpenting untuk mendapatkan tinggi badan optimal. Yakni :

Memuat...

# Kalsium

Kalsium diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan tulang. Jika pada orang tua kekurangan kalsium mengakibatkan osteoporosis (keropos tulang) maka Kekurangan kalsium pada anak anak dapat mengakibatkan pertumbuhan menjadi terhambat seperti tinggi badan tidak optimal. Sumber kalsium alami bisa didapatkan dari susu, keju, yogurt, susu kedelai, aneka biji bijian, aneka sayur sayuran, daging , gandum serta masih banyak lagi yang lainnya. Kebutuhan kalsium seorang anak rata rata adalah 1000 mg per hari. Jika ingin anak dapat tumbuh tinggi optimal maka kebutuhan kalsium ini wajib untuk dipenuhi.

# Zinc (zat besi)
Zinc merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar hormon pertumbuhan bekerja optimal. Kekurangan zinc pada anak anak dapat mengakibatkan tinggi badan menjadi pendek dan pertumbuhan terhambat. Zinc bisa didapatkan dari telor, daging ikan, daging ayam serta daging sapi dan kambing. Selain tinggi badan zinc juga sangat membantu sebagai vitamin untuk anak susah makan.

Untuk mendapatkan tinggi badan optimal, selain memenuhi asupan nutrisi diatas juga dibantu dengan istirahat cukup serta olahraga yang merangsang pertumbuhan. Beberapa olahraga yang disarankan adalah berenang, basket, bersepeda, skipping dan masih banyak olahraga lainnya. Jika diperlukan tambahlah konsumsi suplemen peninggi badan untuk anak anak atau remaja dalam masa pertumbuhan. Salah satu produk yang disarankan adalah peninggi badan dari tiens. Produk ini telah banyak membantu menambah tinggi secara alami dan telah sertifikasi BPOM RI dan Halal MUI.

Nih buat jajan