Inilah Penyebab Vagina Kering

tips pasutri

tips pasutri

Vagina kering saat berhubungan intim bisa menjadi masalah. Keluhan yg kerap dialami oleh wanita menopause ini juga bisa mendera mereka yang masih muda. Kekeringan pada vagina bisa disebabkan oleh berbagai hal dan penyebab ini kadang tidak terpikirkan sebelumnya

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kekeringan pada vagina:

  • Kurangnya waktu foreplay. Kebanyakan wanita membutuhkan waktu untuk pemanasan atau foreplay sebelum melakukan penetrasi. Foreplay sangat penting untuk memberi rangsangan pada wanita dan meningkatkan pelumasan pada vagina.
  • Stress. Stress bisa menganggu kesehatan secara keseluruhan termasuk kekeringan pada vagina. Jika stress tidak menurunkan libido secara langsung, perasaan cemas dan tertekan saat stress dapat menyebabkan seorang wanita susah terangsang.
  • Obat Flu. Obat flu dan alergi mengandung antihistamin yang dapat mengeringkan cairan mukus yang ada di hidung dan vagina. Tapi kondisi ini tidak dialami oleh semua wanita dan keluhan pun akan menghilang saat obat dihentikan.
  • Pil KB. Salah satu efek samping pil KB adalah mengurangi lubrikasi pada vagina. Tidak seperti obat obatan yang lain, efek samping pil KB yang mempengaruhi lubrikasi vagina tidak berkurang beberapa bulan setelah pil KB di stop. Bila kondisi ini terjadi dan menganggu hubungan seksual, silakan mengganti pil KB dengan metode KB yang lain.
  • Baru melahirkan. Melahirkan dan menyusui dapat mengubah kehidupan seksual seorang wanita termasuk turunkan kadar estrogen, hormon yang bertanggung jawab dalam mempertahankan lubrikasi vagina. Beberapa bulan setelah melahirkan dan menyusui, disaat siklus haid kembali normal maka keluhan ini akan mulai berkurang.
fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *