Oktober Bulan Kesadaran Kanker Payudara

tips pasutri

tips pasutri

Bulan oktober beberapa saat lagi akan berlalu, bulan kesadaran kanker payudara pun berakhir namun kewaspadaan terhadap penyakit mematikan ini tentu tak akan pernah berakhir.

Kanker payudara masih menjadi kanker penyebab kematian utama pada wanita, bahkan menurut sebuah studi, 1 dari 4 wanita penderita kanker menderita kanker payudara. Sedemikian menakutkannya penyakit ini membuat dunia internasional menggalakan kampanye meningkatkan kesadaran tentang bahaya kanker payudara guna menggalang dana untuk penelitian lebih lanjut guna mengetahui penyebab, diagnosa, pencegahan, pengobatan dan penyembuhan kanker payudara.

Kanker payudara juga menjadi masalah kesehatan utama pada wanita Indonesia. Tingginya jumlah penderita kanker payudara di Indonesia disebabkan karena rendahnya kesadaran dan pengetahuan wanita Indonesia dalam hal deteksi dini kanker payudara dengan pemeriksaan payudara mandiri dan mamografi.

Deteksi dini dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker payudara sampai 98%. Deteksi dini bisa dilakukan kapan saja dan siapa saja, namun khusus untuk wanita yang berusia diatas 40 tahun, perlu dilakukan pemeriksaan mamografi setiap 1 sampai 2 tahun sekali.

Berikut infografik beberapa mitos dan fakta tentang Kanker Payudara (klik untuk memperbesar):

Akhir kata, jangan pernah mengurangi kewaspadaan kita terhadap kanker payudara.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.