Ingin Kurus? Jangan Khawatir Untuk Ngemil

tips pasutri

tips pasutri

Lain kali, jika dihadapan anda tersaji cake cokelat, pastikan anda menikmati setiap gigitannya. Ahli psikologis menemukan mereka yang mengonsumsi makanan atau camilan tanpa rasa bersalah atau menikmatinya sambil bersenang senang berat badannya cenderung lebih stabil. Tapi bila anda menikmatinya penuh dengan rasa bersalah atau khawatir, maka berat badan anda cenderung untuk bertambah.

Temuan yang dipublikasikan dalam the journal Appetie ini membuktikan kepada kita bahwa persepsi terhadap tantangan makanan seperti cokelat sama pentingnya dengan hitung hitungan kalori dalam hal membuat tubuh melar.

Daripada memilih milih makanan yang justru membuat perasaan tertekan, menikmati makanan yang tersaji di hadapat kita justru bagus untuk mencapai tujuan untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Peneliti dari studi ini adalah Dr Roeline Kuijer dan Jessica Boyce, mereka ingin mengetahui apakah perasaan bersalah saat mengonsumsi cokelat memiliki andil dalam meningkatkan berat badan seseorang.

Mereka mengumpulkan 300 orang sukarelawan yang berumur antara 18 sampai 86 tahun. Para sukarelawan tersebut diminta untuk mengisi kuisioner yang menanyakan tentang kebiasaan makan meraka dan apakah mereka sedang dalam upaya menguruskan tubuh. Para sukarelawan juga ditanya apakah saat mengonsumsi cokelat mereka merasa bahagia atau bersalah.

Hasilnya, 27% mereka mengonsumsi cokelat disertai dengan perasaan bersalah dan 73% tidak merasa bersalah. Kita peneliti menghitung berat badan para sukarelawan 18 bulan kemudian, mereka yang merasa bersalah saat mengonsumsi cokelat, berat badannya cenderung bertambah secara signifikan.

Menurut peneliti, mengonsumsi cokelat cake yang disertai perasaan bersalah berhubungan dengan peningkatan berat badan. Sebaliknya mereka yang mengonsumsi cokelat cake dengan perasaan senang/bergembira memiliki berat badan rata rata dan cenderung lebih berhasil dalam menurunkan berat badan.

Studi ini menemukan bahwa perasaan bersalah membuat seseorang kehilangan kendali terhadap makanan yang dikonsumsi, hasilnya mereka mengalami peningkatan berat badan.

Peneliti menambahkan, menikmati apa yang kita makan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup ini. Bahkan menikmati makanan ‘terlarang’ dengan perasaan senang berhasil menurunkan berat badan dengan hasil yang lumayan bagus.

Psikolog dari Cardiff Metropolitan University, Paul Buckley mengatakan, wanita cenderung lebih sering merasa bersalah saat mengonsumsi makanan daripada pria.

Bagaimana? Ingin kurus? Jangan khawatir untuk ngemil.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.