Gonorrhea (GO)

Gonorrhea atau lebih dikenal dengan istilah GO adalah penyakit infeksi yang ditularkan melalui kontak seksual atau hubungan seksual. Gonorrhea termasuk salah satu penyakit menular seksual yang sangat tua umurnya dan disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Pria yang menderita gonorrhea akan mengeluarkan cairan kuning atau nanah dari saluran kencing disertai dengan rasa gatal dan panas. Karena mengeluarkan nanah ini pula maka penyakit ini kerap disebut dengan istilah kencing nanah. Berbeda dengan pria, pada wanita gonorrhea umumnya tidak menimbulkan gejala yang berarti. Kalaupun gonorrhea menimbulkan gejala pada wanita maka yang dirasakan hanya berupa rasa sakit saat buang air kecil atau frekuensi buang air kecil yang meningkat. Kadang pada wanita juga dapat timbul keputihan dan bengkak pada alat kelamin tetapi gejala ini sangat jarang.

Jika tidak diobati dengan baik, gonorrhea dapat menyebabkan infeksi berat pada panggul dan bahkan kemandulan. Komplikasi yang dapat terjadi kemudian antara lain radang pada katup jantung, radang sendi dan infeksi pada mata. Gonorrhea juga dapat menyebabkan infeksi mata pada bayi yang dilahirkan dari ibu yang menderita gonorrhea.

Memuat...

Penyakit gonorrhea dapat diobati dengan menggunakan antibiotika.

Nih buat jajan