“Inovasi Penuh Makna untuk Anda” dari Philips

Mengikuti keberhasilan “+” Project tahun lalu yang mewujudkan tiga ide terbaik untuk membuat perbedaan di dalam masyarakat, tahun ini Philips telah memprakarsai program ‘Inovasi Penuh Makna untuk Anda’ sebagai investasi jangka panjang yang menghubungkan visi perusahaan kami untuk membawa inovasi bermakna, bisnis dan kontribusi sosial melalui kemitraan

Listen (Dengar)
Bersama instansi pemerintah, LSM, kerjasama antar perusahaan atau pemerintah, konsumen dan para pemangku kepentingan, kami mendengar, mengumpulkan wawasan serta menentukan tema utama dan tantangan di sekitar tren kesehatan dan kesejahteraan di Indonesia.

Pajak Games

Co-create (Kolaborasi)
Bersama mitra, komunitas dan khalayak luas, kami terlibat dalam diskusi seputar tema yang telah ditentukan mengenai tantangan yang ada dan mengumpulkan ide/inovasi dalam menghadapinya, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kualitas hidup di Indonesia.

Loading...

Deliver (Wujudkan jadi Nyata)
Bersama dengan mitra, kami mengubah sebuah ide menjadi sesuatu yang nyata dan bermanfaat, dimana kami mewujudkannya melalui kemampuan inovasinya. Proyek-proyek ini akan menjadi bukti untuk memperkuat komitmen kami untuk membawa perubahan positif bagi Indonesia. Dua ide inovasi terbaik akan di implementasikan dengan dana mencapai Rp 1,5 miliar (atau Rp 1,5 milyar) untuk membawa perubahan yang memiliki dampak berkepanjangan bagi Indonesia.

Adapun 3 tema yang akan menjadi fokus dari program ini adalah:

1. Inovasi Pengembangan Daerah Pedesaan yang Berkelanjutan.

Kami mencoba mencari ide inovasi yang bisa didapat dari publik untuk mewujudkan sebuah daerah pedesaan yang berkelanjutan. Sebuah desa yang berkelanjutan merupakan sebuah komunitas yang para anggota-anggotanya telah memiliki rasa aman terhadap lingkungan, dan memiliki fasilitas umum yang layak sehingga memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup.

Kami menumkan fakta bahwa 1 dari 4 penduduk kota merupakan orang yang bermigrasi dari pedesaan. Dengan laju pertumbuhan penduduk yang meningkat, daerah perkotaan menghadapi tantangan berat untuk memenuhi kebutuhan penduduknya. Inilah saatnya daerah pedesaan untuk mengejar ketinggalan, dan untuk berkembang secara berkelanjutan.

Beberapa tantangan telah di depan mata. Ada kesenjangan antara daerah pedesaan dengan perkotaan, salah satunya di infrastruktur jalan. Lebih dari 20% jalanan di Kalimantan dan Maluku telah rusak.

Sementara pada tahun 2009, kami berjanji untuk mengurangi 26-41% emisi, karena Indonesia masih menjadi salah satu penghasil emisi terbesar di dunia yang mengakibarkan efek rumah kaca. Ini merupakan hal yang tak bisa diabaikan di dalam pengembangan daerah pedesaan.

2. Inovasi untuk meningkatkan akses dalam layanan kesehatan

Meningkatnya perekonomian tidak berarti akses menuju pelayanan kesehatan menjadi lebih mudah. Lebih dari 50% penyebab kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti kanker, penyakit jantung, dan lainnya.
Tingginya biaya kesehatan juga menghambat masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan. Sementara kapasitas dan kemampuan para pakar kesehatan masih perlu ditingkatkan.

Salah satu ide dari pemenang tahun lalu adalah mengembangkan aplikasi mobile untuk kanker payudara. Kini, giliran Anda berbagi dengan kami, inovasi seperti apa yang dapat membantu meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan

3. Inovasi untuk Membantu Ibu dalam Merawat Keluarga

Seorang ibu selain menjadi sosok yang dekat di hati dan pikiran kita. Ibu juga merupakan sosok penting dalam merawat keluarga. Mulai dari membesarkan anak hingga memastikan kesehatan tiap anggota keluarga, peran seorang ibu tak dapat tergantikan.

Namun tahukah Anda kalau masih ada berbagai tantangan yang harus dihadapi seorang ibu dalam merawat keluarga?
Survei Demografi dan Kesehatan (SDKI) menunjukkan peningkatan pada jumlah ibu yang memberikan ASI eksklusif sejak 2009-2012, namun masih banyak ibu yang berkarir yang sulit untuk menyusui selama 6 bulan pertama.

Sementara itu, memastikan nutrisi keluarga juga dapat menjadi pekerjaan yang melelahkan bagi Ibu terutama ketika pola hidup cepat menuntut solusi menyiapkan makanan yang cepat saji. Data 2010 dari Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas) menunjukkan persentasi penderita obesitas meningkat lebih dari 21%.

Program ‘Inovasi Penuh Makna untuk Anda’ dari Philips di Indonesia memberikan kemungkinan bagi Indonesia untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di tiga tema di atas serta ide-ide untuk menyelesaikannya. Melalui tahap mengumpulkan ide lalu ide tersebut akan dijaring oleh mitra-mitra (Pemerintah, NGO dan Swasta) kami kemudian ide-ide yang terpilih akan melalui tahap voting oleh publik dan 2 ide akan dipilih oleh sebuah juri panel yang terdiri dari pihak Philips dan para mitra (Pemerintah, NGO dan Swasta).

Bagaimana? Tertarik untuk berkontribusi? Lalu bagaimana caranya?

Caranya mudah koq, anda cukup memasukan ide atau inovasi anda melalui web ini http://philips.to/inovasi tentu saja ide atau inovasi tersebut harus sesuai dengan tiga tema program Philips kali ini. Di web tersebut juga dijelaskan secara detail tentang program ini termasuk cara untuk ikutan berpartisipasi.

Anda juga bisa berperan serta dalam menyebarkan program ini melalui media sosial yang anda ikuti dengan menyertakan tagar #inovasibermakna sehingga program ini dapat menyebar lebih luas dan dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesejahteraan Indonesia. Saat ini sudah terkumpul sekitar 194 ide atau inovasi dan jumlah ini masih sangat kurang bila dibandingkan dengan kompleksnya masalah kesehatan yang terjadi di negara ini.

Lebih jauh tentang program ini bisa dilihat di video ini:

Suasana press con saat launching program ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana? Minat? 🙂

 

Tulis Komentar

loading...