Satu Lagi Tips Menurunkan Berat Badan

tips pasutri

tips pasutri

Menurunkan berat badan memang sebuah tantangan yang tidak bisa dikatakan ringan. Banyak yang mencoba melakukannya, tidak sedikit yang putus asa karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan harapan. Namun, dengan menempuh cara atau pola penurunan berat badan yang benar maka diharapkan berat badan dapat menurun menuju berat badan yang lebih sehat.

Tetaplah fokus untuk makan dan minum sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Jangan mengonsumsi makanan yang berlebihan sehingga kelebihan kalori menumpuk dan menjadi timbunan lemak di dalam tubuh. Sesuaikan kebutuhan kalori anda dengan berat badan yang anda inginkan dan aktivitas yang anda lakukan. Intinya disini adalah keseimbangan kalori negatif karena tujuan anda disini adalah menurunkan berat badan.

Luangkan waktu untuk merencanakan makan atau kudapan yang akan anda konsumsi dalam sehari. Perencanaan ini penting untuk mencegah anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berkalori tinggi di saat perut lapar.

Catatlah makanan yang anda konsumsi berikut kandungan kalori pada makanan tersebut. Hal ini bertujuan membantu anda fokus pada jalur yang tepat dalam usaha menurunkan berat badan.

Jangan pernah melupakan olahraga karena olahraga disamping bermanfaat untuk mempercepat pembakaran kalori, juga menjadikan tubuh lebih sehat baik secara fisik maupun mental.

Batasi asupan kalori dari lemak dan gula karena jumlah kalori yang dihasilkan oleh jenis makanan ini sangat besar dan di dalam tubuh akan langsung disimpan sebagai cadangan energi. Lemak dan gula juga tidak bagus bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.

Pastikan anda selalu mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil terutama makanan yang tinggi kandungan kalorinya. Memang makanan jenis ini umumnya terasa enak, namun jangan jadikan rasa enak itu mengacaukan upaya menurunkan berat badan anda.

Makanlah sesering mungkin di rumah. Memasak makanan di rumah menjadikan anda lebih leluasa menentukan makanan yang sehat untuk dikonsumsi baik dari kandungan makanan maupun zat tambahan pada makanan tersebut. Kalaupun terpaksa makan di luar, pilihlah menu makanan yang lebih sehat.

Sumber: The Academy of Nutrition and Dietetics.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.