Mengenal Lobektomi

tips pasutri

tips pasutri

Apa itu Lobektomi?

Lobektomi adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengambil atau mengangkat salah satu lobus dari suatu organ. Bila lobus yang diangkat adalah lobus paru paru maka disebut lobektomi pulmoner. Prosedur ini dilakukan saat ditemukan adanya kelainan pada bagian tertentu dari paru paru. Bila kelainan itu hanya mengenai satu lobus maka dapat dilakukan lobektomi sementara jaringan paru lainnya yang masih sehat tetap berfungsi secara normal. Lobektomi umumnya dilakukan bersamaan dengan operasi thorakotomi (pembedahan pada rongga dada).

Mengapa perlu dilakukan Lobektomi?

Lobektomi dilakukan bila ditemukan adanya kelainan pada satu lobus paru paru. Sebagaimana diketahui, paru paru terdiri dari lima lobus yakni 3 lobus di paru paru kanan dan dua lobus di paru paru kiri. Bila salah satu lobus ini mengalami kelainan dan memungkinkan dilakukan pengangkatan maka akan dilakukan lobektomi.

Tujuan lobektomi selain menyingkirkan lobus paru paru yang rusak adalah untuk mencegah penyebaran infeksi atau tumor dari lobus yang mengalami kelainan ke lobus paru paru yang masih sehat.

Lobektomi pada paru paru umumnya dilakukan pada penyakit:

  • Tuberculosis (TB) paru.
  • Abses paru.
  • Emphysema.
  • Tumor jinak paru paru.
  • Kanker paru paru.
  • Infeksi jamur.
fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *