Tanya Jawab Tentang Jerawat

Mengapa saya masih jerawatan padahal usia saya sudah lebih dari 20 tahun?

Berapapun usia anda, jerawat disebabkan oleh peningkatkan produksi kelenjar minyak pada kulit ditambah dengan infeksi bakteri. Setiap perubahan hormonal baik itu saat hamil maupun menstruasi dapat meningkatkan produksi minyak.

Jerawat juga ada hubungannya dengan faktor keturunan, jadi jika salah satu orang tua anda jerawatan maka anda pun akan beresiko tinggi terkena jerawat. Jerawat akan tetap menghantui anda sampai umur 40 tahun.

Saya sudah rajin membersihkan wajah tetapi koq saya masih jerawatan?

Membersihkan wajah secara teratur tidak akan membuat anda terhindar dari jerawat. Mengapa? Jerawat timbul ketika minyak yang mengering atau sebum teroksidasi dengan udara luar sehingga menghitam dan menutup pori pori kulit.

Cucilah wajah anda dua kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang ringan dan air hangat.

Apakah pil KB dapat menyebabkan jerawat?

Pil KB pada beberapa wanita dapat membantu mengendalikan pertumbuhan jerawat. Hormon yang terkandung dalam pil KB membantu memblok produksi hormon androgen. Hormon androgen adalah hormon laki laki yang dapat meningkatkan aktivitas kelenjar minyak. Tapi tidak semua jerawat disebabkan oleh aktivitas hormon androgen, pertumbuhan bakteri yang merajalela di pori pori wajah juga dapat menutup pori pori dan menyebabkan jerawat.

Apakah make up dapat menyebabkan jerawat?

Yap. Faktanya, apapun yang anda taruh di kulit wajah anda dapat menutup pori pori wajah. Cobalah menggunakan make up, tabir surya dan produk kulit lainnya yang bebas dari bahan bahan berminyak. Jika kulit anda sudah jerawatan, cobalah menggunakan produk kosmetik yang non komedogenik atau non acnegenik.

Saya suka stress di pekerjaan, apakah itu yang menyebabkan jerawat?

Stress bukan merupakan penyebab utama jerawat. Malah, tumbuhnya jerawat di wajah dapat menyebabkan anda stress. Dengan pengobatan jerawat yang pas, tentu saja dapat mengurangi stress yang disebabkan oleh jerawat.

Pada beberapa orang, stress memang dapat memperburuk kondisi jerawat. Jika memang anda yakin jerawat yang tumbuh akibat stress maka cobalah ke dokter untuk mencarikan metode relaksasi yang tepat.

Benarkah cokelat menyebabkan jerawat?

Tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan cokelat, gula dan makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat. Tapi jika memang makanan itu yang menyebabkan anda jerawat, segeralah dihindari.

Gula atau makanan berminyak lebih berbahaya pada kesehatan anda secara umum. Makanan ini dapat meningkatkan resiko anda terkena diabetes atau penyakit jantung.

Apakah saya akan kena jerawat selamanya?

Jerawat tidak akan hilang seiring dengan peningkatan usia, namun ada satu penelitian yang mengatakan jerawat akan berkurang pada usia diatas 44 tahun. Pada wanita, jerawat akan menghilang saat menopause.

Bagaimana sih mengobati jerawat yang benar?

Obat obatan yang mengandung benzoyl peroksida, asam salisilat atau alpha-hidroxy acid adalah pilihan pertama untuk mengobati jerawat. Obat obatan ini dapat anda peroleh dengan mudah di apotek atau toko obat.

Bila jerawat anda telah parah segeralah ke dokter sehingga dapat diberikan obat obatan yang lebih kuat untuk membasmi jerawat termasuk antibiotika.

Baca juga tips mencegah noda hitam bekas jerawat disini.

Bagaimana sih caranya mencegah jerawat?

Cobalah dua langkah mudah berikut :

Pertama, jangan suka menyentuh wajah. Menyentuh wajah terlalu sering dapat meningkatkan produksi minyak, mengiritasi kulit wajah dan meningkatkan perkembangan bakteri.

Kedua, jauhkan rambut berminyak dari wajah anda. Gunakan produk kecantikan rambut yang bebas minyak. Minyak pada rambut yang berlebihan dapat menutup pori pori wajah anda.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.