Perlukah Anak Dihukum Karena Berbohong?

Perlukah Anak Dihukum Karena Berbohong? 1

Sebagai orang tua anda tentu menginginkan yang terbaik untuk anak anak anda. Terbaik disini bukan hanya masalah pendidikan dan materi tetapi juga tingkah laku. Menjadikan anak anda seorang anak yang patuh dan soleh adalah tanggung jawab yang tidak bisa dikatakan ringan. Apa yang akan anda lakukan jika si kecil ketahuan membohongi anda?

Anak kecil perlu diberi tahu bila ia melakukan kesalahan agar tidak diulangi terus sampai dewasa. Semakin ia menginjak usia remaja maka akan semakin sulit mengarahkan perilakunya sebab anda tidak mungkin mengawasinya selama 24 jam. Beberapa kebohongan kecil yang sering diucapkan anak anak saat bermain dengan temannya adalah tidak mengaku bila memecahkan kaca jendela, vas bunga atau benda pecah belah lainnya dan menuduh temannya melakukan sesuatu padahal dia sendiri yang melakukannya. Meskipun menurut anda hal tersebut merupakan kebohongan kecil, namun anda tidak boleh melewatkannya begitu saja.

Menurut penelitian di California, Amerika Serikat, hampir 92% remaja pernah melakukan sekali kebohongan pada orang tuanya selama setahun. Meskipun banyak alasan yang menyebabkan mereka melakukan kebohongan tetapi hal tersebut tetaplah sebuah kebohongan yang tidak boleh diulangi lagi. Tentu saja anda jangan terlalu berharap anak anda akan mengatakan semuanya kepada anda namun yang paling penting adalah bagaimana membangun kepercayaan antara anda dan anak anda sehingga tercipta komunikasi yang baik.

Memuat...

Secara alamiah, anak tidak akan mengatakan kepada orang tuanya tentang apa yang mereka lakukan saat ini karena mereka menganggap orang tua tidak akan mengerti tentang apa yang mereka lakukan. Anda tidak dapat mengubah kenyataan ini, tapi jangan lupa bahwa anda adalah yang berkuasa di rumah yang harus diikuti oleh mereka.

Usia remaja adalah usia pencarian identitas dan kebebasan. Mereka beranggapan bahwa anda tidak akan mengerti apa yang mereka lakukan karena aturan yang anda buat tidak mungkin mereka langgar. Menjadi orang tua anda tidak berkewajiban mengubah aturan itu tetapi anda dapat memperbaiki cara pandang mereka terhadap aturan itu. Anda harus sabar karena perubahan perilaku tidak bisa dilakukan secara kilat karena banyak hal yang mempengaruhi termasuk lingkungan di luar rumah.

Anda dapat saja merevisi aturan di rumah tetapi bukan atas kemauan anak anda namun agar mereka lebih bisa memahami aturan tersebut.

Memang merebut hati mereka tidak semudah yang saya tuliskan ini tetapi anda harus tetap berusaha membuktikan bahwa anda mencintai mereka. Anda perlu membicarakan secara khusus tentang kebohongan yang mereka lakukan. Anda harus menjelaskan bahwa perilaku itu tidak benar untuk dilakukan. Terakhir, perbanyaklah komunikasi antara anda dan anak anda dan bila perlu dilakukan sambil liburan baik bersama dengan anggota keluarga yang lain maupun dengan teman teman mereka.

Nih buat jajan