Keamanan Triclosan Dipertanyakan?

Keamanan Triclosan Dipertanyakan? 1

Setelah heboh kasus keamanan penggunaan aspartam, kini banyak yang meragukan keamanan penggunanan triclosan pada produk rumah tangga. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut saya ulas sedikit tentang triclosan.

Anda tentu sering membaca atau mendengar tentang triclosan. Bahan kimia ini sering kita temui pada pasta gigi, sabun dan beberapa produk lainnya. Tapi tahukah anda lebih dalam tentang bahan ini?

Apa itu triclosan?

Memuat...

Triclosan adalah bahan kimia yang ditambahkan ke dalam beberapa produk yang berfungsi sebagai antikuman.

Sejak kapan triclosan digunakan?

Triclosan sudah digunakan sejak 40 tahun yang lalu. Mula mula, triclosan digunakan di rumah sakit sebagai bahan antikuman. Penggunaan pada produk rumah tangga baru dilakukan secara meluas sejak 15 tahun yang lalu.

Amankah penggunaan triclosan?

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau FDA saat ini sedang meneliti efek berbahaya dari triclosan. Banyak yang beranggapan bahwa triclosan bertanggung jawab atas pencemaran air minum di Amerika dan efek resistensi kuman terhadap antibiotika.

Meskipun FDA tetap beranggapan bahwa triclosan aman digunakan pada manusia, tetapi penelitian tentang efek berbahaya dari triclosan masih terus berlangsung.

Penentang keputusan FDA tentang keamanan triclosan beranggapan bahwa pada penelitian terhadap binatang percobaan, triclosan menganggu hormon yang berfungsi pada pertumbuhan otak dan alat reproduksi. Gangguan ini akan menyebabkan seseorang kesulitan dalam belajar dan mandul.

Selain itu, triclosan juga diduga bertanggung jawab atas maraknya resistensi kuman terhadap antibiotika.

Apakah anda harus menjauhi triclosan?

Untuk saat ini belum. Hal tersebut sesuai dengan rekomendasi FDA yang masih berlaku. Diharapkan penelitian terbaru tentang triclosan akan dipublikasikan pada tahun 2011.

Bagaimana cara menghindari penggunaan triclosan?

Caranya sangat mudah. Tulisan triclosan akan dengan mudah anda temukan pada kemasan produk yang anda gunakan sehari hari. Bahan ini jamak ditemukan pada produk yang mengklaim dirinya sebagai antikuman atau antibakteri.

Nih buat jajan