Facebook dan Kepribadian

tips pasutri

tips pasutri

Tahukah anda bahwa apa yang anda lakukan setiap saat di facebook dan jejaring sosial lainnya merupakan gambaran kepribadian anda secara menyeluruh? Beberapa dari anda memang berusaha menampakan ‘perwujudan’ lain pada halaman profil tetapi sebagian besar lainnya justru memberikan gambaran asli tentang kepribadian yang sebenarnya.

Fenomena facebook memang sedang mewabah saat ini. Mulai dari anak anak sampai orang dewasa begitu gandrung untuk memperbaharui status akun facebooknya. Ada yang hanya menggunakan facebook untuk sekedar iseng, ada pula yang serius guna mengejar suatu tujuan.

Tujuan dari masing masing pengguna facebook bisa dilihat dari halaman profil mereka. Yang serius umumnya akan menampilkan halaman profil yang lengkap termasuk pekerjaan, alamat rumah sampai nomor telepon yang bisa dihubungi, sementara yang iseng umumnya akan mengisi halaman ini seadanya.

Menurut penelitian para psikolog di Amerika, cerminan dari kepribadian seseorang bisa dilihat dari status dan profil mereka di facebook. Sebagian besar pengguna facebook menurut mereka, memang berusaha untuk menampilkan sosok yang berbeda pada profil facebook namun sebagian besar justru gagal dan kembali ke kondisi apa adanya.

Kepura puraan yang selama ini mereka ekspresikan pada facebook justru membuat mereka kehilangan jati diri dan teman. Mereka yang tampil apa adanya lebih disukai dan memiliki teman yang lebih beragam dan bertahan lama. Bahkan banyak diantaranya akan menemukan kecocokan dan melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sayangnya gambaran perilaku pengguna facebook di Indonesia belum banyak diungkap. Mungkin tidak akan berbeda jauh dengan apa yang terjadi di Amerika sana.

Jadi, masihkah anda berpura pura di facebook?

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.