Hubungan IQ Rendah Dengan Penyakit Jantung

Hubungan IQ Rendah Dengan Penyakit Jantung 1

Baru baru ini sebuah jurnal terkemuka di Eropa (European Society of Cardiology) menulis tentang hubungan antara IQ rendah dengan penyakit jantung. Disebutkan bahwa orang orang dengan tingkat kecerdasan yang kurang memiliki resiko menderita penyakit jantung jauh lebih besar daripada orang dengan obesitas (kegemukan) dan tekanan darah tinggi.

Sayangnya temuan ini masih belum bisa memastikan hubungan tersebut dengan lebih jelas. Apakah IQ rendah sebagai satu satunya penyebab orang sakit jantung atau disebabkan oleh hubungan dengan faktor tertentu lainnya.

Meskipun demikian, temuan ini diharapkan menjadi senjata yang ampuh untuk promosi kesehatan terutama memotivasi anak anak untuk menjadi lebih pintar. Menjadi lebih pintar bisa melalui program pembelajaran di sekolah dan di luar sekolah.

Memuat...

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Cardiovascular Prevention and Rehabilitation edisi Februari, memeriksa lebih dari 1.100 pria dan wanita Skotlandia berusia sekitar 55 tahun pada tahun 1987, yang diikuti selama dua dekade.

Dalam penelitian ini disebutkan juga bahwa faktor utama resiko penyakit jantung adalah merokok kemudian diikuti oleh IQ rendah. Para peneliti melihat bahwa IQ yang rendah menyebabkan seseorang menjadi malas untuk melakukan kegiatan yang sehat sehingga mereka akan mudah menderita kegemukan dan tekanan darah tinggi. IQ rendah juga menjadikan seseorang rentan menderita kurang gizi di masa mendatang.

Nih buat jajan