BlogDokter.Net Bukan Untuk Mengobati Penyakit

tips pasutri

tips pasutri

pak dokter2…knp bkn blog sih kalau g menyelesaikan dx? anda kan dokter so anda punya hak untuk meresepkan obat..kasih tau tu para klient yg ter dx Pitriyasis Versikolor..

Demikian petikan komentar yang ada di salah satu tulisan blog ini. Sebenarnya komentar yang hampir hampir mirip sudah sering saya terima tetapi saya hanya memberikan jawaban via komentar pada tulisan tersebut. Mungkin karena jawaban saya terpecah pecah tersebut sehingga masih menimbulkan komentar yang sama tentang fungsi dan peranan dari blogdokter.net. Untuk kepentingan tersebut maka saya akan menceritakan kembali fungsi dan peranan blog ini dalam hubungannya dengan diagnosa penyakit berikut pengobatan yang diberikan.

Blogdokter.net merupakan sebuah blog yang berisi tulisan tentang kesehatan, penyakit, obat obatan dan teknologi informasi. Blog ini hanya sebuah media informasi yang berusaha menambah wawasan pembacanya mengenai bidang bidang tersebut. Selain tulisan sendiri, blog ini juga berisikan beberapa tulisan yang berasal dari sumber dan blogger lain yang kiranya berguna untuk disebarluaskan kepada pembaca blogdokter.net.

Karena sifatnya sebagai media informasi dan segmen pembaca yang berasal dari berbagai kalangan maka pembahasan atau tulisan yang ada di blog ini hanya bersifat superfisial alias inti intinya saja. Bila ingin mendapatkan informasi yang lebih detail, pembaca dipersilakan untuk mengisi kolom komentar atau menghubungi penulis melalui berbagai media penyaluran yang telah disediakan.

Ketika penulis yang kebetulan seorang dokter dituntut untuk menegakan diagnosa sekaligus memberikan pengobatan terhadap penyakit yang diderita pembaca, hal tersebut menjadi sangat tidak mungkin karena untuk menegakan diagnosa diperlukan beberapa langkah yang boleh dikatakan cukup rumit. Langkah tersebut antara lain :

  • Wawancara. Dalam bahasa kedokteran wawancara ini dikenal dengan nama anamnesa. Saat wawancara, pasien menjabarkan semua keluhan yang dialaminya yang membuatnya datang ke dokter. Untuk mengarahkan ke suatu penyakit tertentu, dokter akan memandu wawancara tersebut sekaligus untuk mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan. Mungkin hal ini bisa dilakukan via interaksi di blogdokter.net.
  • Pemeriksaan Fisik. Pemeriksaan fisik memerlukan interaksi langsung antara pasien dan dokter. Langkah langkah pemeriksaan fisik meliputi : inspeksi (pengamatan), palpasi (perabaan), perkusi (mendengarkan suara lewat ketukan), auskultasi (mendengarkan suara lewat stetoskop). Nah, ini yang sulit dilakukan tanpa bertemu langsung dengan pasien.
  • Pemeriksaan penunjang. Bila informasi yang didapatkan dari wawancara dan pemeriksaan fisik masih kurang maka akan dilakukan pemeriksaan penunjang yang antara lain berupa pemeriksaan laboratorium, pencitraan dan pemeriksaan penunjang lainnya sesuai kebutuhan.
  • Nah, setelah informasi yang didapatkan cukup, baru dokter dapat menegakan diagnosa untuk kemudian dilakukan perencanaan pengobatan pada pasien.

Jadi, sangat tidak mungkin untuk menegakan diagnosa dan mengobati pasien hanya dengan menggunakan blog. Maka dari itu, saya tidak pernah menyarankan menggunakan obat obat tertentu kepada pembaca blog ini kecuali memang diagnosa bisa saya perkirakan dari keluhan yang dijabarkan dan itu pun hanya obat obatan yang di jual bebas di warung warung bukan obat yang menggunakan resep dokter.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.