Mengatasi Ketakutan Anak Pada Dokter Gigi

tips pasutri

tips pasutri

Bila ditanyakan pada anak anak tempat mana saja yang paling mereka takuti untuk dikunjungi, pasti salah satu jawabannya adalah tempat praktek dokter gigi. Saat pertama kali diajak ke dokter gigi, mereka sudah mulai ketakutan begitu melihat kursi periksa gigi yang besar, lampu yang sedemikian terang dan dokter gigi yang berseragam putih lengkap dengan masker dan sarung tangan. Sebagai orang tua tentu anda akan berusaha untuk menjelaskan kepada anak anda tentang apa apa saja yang mereka lihat namun hal tersebut tidaklah begitu banyak membantu guna mengurangi rasa takut si anak. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa takut anak anda saat pertama kali membawa mereka ke dokter gigi :

Anda harus sudah mulai mengajak anak anda ke dokter gigi saat usia mereka sekitar dua tahun. Memang usia tersebut tergolong masih sangat muda namun itulah saat yang tepat anda membiasakan anak anda untuk mengunjungi dokter secara rutin enam bulan sekali. Dokter gigi akan mengenalkan tempat praktek berikut peralatannya kepada anak anda dengan cara yang tidak menakutkan. Selanjutnya dokter gigi akan mengajak anak anda bercakap cakap tentang bagaimana cara menyikat gigi yang benar dan hal hal yang berhubungan dengan kesehatan gigi lainnya. Semakin dini usia mereka diajak ke dokter gigi maka ketakutan mereka kepada dokter gigi juga akan berkurang.

Bacalah buku tentang kunjungan ke dokter gigi. Salah satu cara untuk menyiapkan anak anda mengunjungi dokter gigi adalah dengan mengajak mereka terlebih dahulu mengunjungi perpustakaan dan mencari buku tentang kunjungan ke dokter gigi. Tentu buku tersebut harus sesuai dengan usia mereka. Anda bisa juga mencari film atau kartun tentang kunjungan ke dokter gigi.

Kunjungi dokter gigi khusus anak anak. Jika anda telah membawa anak anda ke dokter gigi namun setelah itu mereka menangis dan tidak mau lagi kesana, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk mengajaknya ke dokter gigi khusus anak anak pada kunjungan berikutnya. Dokter gigi khusus anak anak atau pediatric dentist memang dilatih khusus untuk melayani kesehatan gigi anak anak. Ruangan prakteknya pun dirancang sedemikian rupa sehingga disenangi anak anak. Disana anda tidak akan menemukan kursi gigi yang besar karena yang ada adalah kursi gigi kecil seukuran anak anda.

Temanilah anak anda saat ke dokter gigi. Sediakan waktu khusus untuk menemani anak anda saat melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi. Anak anak umumnya akan lebih tenang jika yang menemani mereka adalah orang tuanya sendiri.

Bawalah mainan favoritnya. Jika tiba waktunya ke dokter gigi, ijinkanlah anak anda membawa mainan kesukaanya. Dengan membawa benda benda yang mereka sukai diharapkan anak anda lebih mudah untuk diajak ke dokter gigi.

Jika anak anda ketakutan saat diajak ke dokter gigi, cobalah melakukan beberapa tips diatas.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.