5 Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

tips pasutri

tips pasutri

Pernahkah anda mendengar blog? Tahukah anda bahwa beberapa perusahan penting dunia selain memiliki website utama juga memiliki sebuah blog untuk meningkatkan kunjungan ke website utama? Blog saat ini telah menjadi senjata utama dalam bidang pemasaran online.

Pada era web 2.0 saat ini, blog merupakan salah satu content management system (CMS) yang paling mudah dikelola. Karena kemudahannya itu, blog menjadi barang yang sangat murah alias tidak memerlukan orang yang ahli di bidang web untuk mengelolanya. Blog juga merupakan website yang isinya paling mudah di-update. Karena kemudahannya ini, artikel yang ada di blog menjadi baru terus sehingga sangat disukai oleh mesin pencari. Tidak mengherankan bila saat ini kita mencari sesuatu lewat mesin pencari maka hasil yang kita dapatkan sebagian besar merujuk pada blog.

Kalau kita amati blog blog yang ada di dunia maya maka kita akan melihat hubungan ‘khusus’ antara satu blog dengan blog yang lain meskipun kedua pemilik blog tidak saling mengenal. Mengapa hal itu sampai terjadi? Karena blog mempunyai fitur yang dinamakan blogroll atau daftar taut. Pemilik blog yang menginginkan blognya terkenal akan melakukan tukar menukar taut dengan blog yang sudah duluan terkenal. Demikian pula bila ada blog yang sangat diminati oleh seorang pemilik blog maka ia akan memasang taut blog tersebut di blognya. Jadi, antara satu blog dengan blog blog yang lainnya terdapat jaringan yang sangat bagus dari segi pemasaran.

Selain sebagai senjata yang ampuh bagi para internet marketer, blog juga dapat digunakan sebagai mata pencaharian. Blog yang traffik dan page rank-nya bagus dapat kita gunakan untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Berikut 5 cara menjadikan blog sebagai ladang uang :

1. Gunakan blog sebagai website jualan. Silakan anda pajang barang barang atau jasa yang anda jual melalui blog. Tulisannya bisa berupa pengumuman, review, atau testimonial tentang suatu produk yang anda jual.

2. Anda tidak mempunyai produk untuk dijual? Jangan khawatir, anda bisa mendaftarkan blog anda pada program kerjasama pemasaran atau affiliate program. Beberapa contoh web yang menyediakan program ini antara lain www.clickbank.com, www.cj.com, www.linkshare.com dan www.paydotcom.com. Setelah pendaftaran anda diterima, anda akan mendapatkan taut affiliasi yang dapat anda promosikan pada blog. Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kontrak affiliasi begitu anda berhasil menjual sesuatu melalui blog anda. Keuntungannya, anda dapat mengikuti program ini sebanyak yang anda mau. Jadi, semakin banyak program affiliasi yang anda ikuti maka penghasilan yang akan anda terima juga semakin besar.

3. Integrasikan program PPC (pay per click) pada blog anda. Program PPC ada yang berasal dari luar negeri seperti Adsense, Adbrite, Clixsense dan ada pula yang berasal dari dalam negeri seperti kliksaya (ref), kumpulblogger (ref), PPC Indo dan lain sebagainya. Anda akan dibayar setiap tampilan iklan yang diklik oleh pengunjung blog anda. Besarnya bayaran terggantung dari traffik, dan page rank blog anda. Jadi, semakin tinggi traffik pengunjung ke blog anda maka kemungkinan pengunjung untuk mengklik iklan akan semakin besar sehingga penghasilan anda dari program PPC juga akan meningkat.

4. Cari sponsor. Jika anda menginginkan pendapatan yang lebih besar dan pasti, buatlah blog anda menjadi berkualitas dengan tulisan tulisan yang bagus dan berbobot. Saat anda telah mendapatkan pengunjung minimal 50.000 per bulan, anda dapat menawarkan blog anda kepada pemasang iklan. Tarif iklan bisa anda tentukan sendiri sesuai dengan kondisi blog anda saat ini. Sebagai tahap awal jangan terlalu mahal dulu, nanti setelah pemasang iklan berebut tempat di blog anda baru anda naikan pelan pelan.

5. Saat reputasi blog anda sudah mumpuni seperti yang saya sebutkan diatas, anda dapat menjual taut kepada pemilik web yang lain. Taut yang anda jual bisa berupa nama website atau kata kata tertentu dalam tulisan blog anda. Penyedia layanan jual beli link yang terkenal adalah Text Link Ads (ref). Blog dengan unique visitor yang tinggi dan page rank yang cukup merupakan blog yang sangat dicari oleh seorang webmaster untuk meningkatkan kualitas taut di webnya.

Selamat berkarya.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.