Penglihatan Ganda (Diplopia)

Penglihatan Ganda (Diplopia) 1

Beberapa hari yang lalu seorang pasien dunia maya mengeluhkan penglihatannya yang dobel atau ganda saat melihat benda maupun manusia pada jarak tertentu. Saat beliau memeriksakan diri ke dokter dikatakan bahwa kelainan kemungkinan terjadi pada susunan saraf pusat dalam hal ini pusat penglihatan di otak.

Mendengar letak kelainannya yang di otak tentu membuat si pasien shock dan berusaha mencari informasi kemana mana tentang gangguan penglihatan yang dideritanya. Sekedar membagi informasi, berikut saya sarikan apa sih yang dimaksud dengan diplopia atau penglihatan ganda.

Diplopia atau penglihatan ganda adalah suatu gangguan penglihatan yang mana obyek terlihat dobel atau ganda. Diplopia berasal dari bahasa Yunani, diplo = dobel atau ganda, opia = penglihatan.

Memuat...

Penglihatan Ganda (Diplopia) 2

Diplopia secara umum dibagi menjadi dua yaitu :

Diplopia binokular yaitu penglihatan ganda terjadi apabila si pasien melihat dengan kedua mata dan menghilang bila salah satu mata ditutup. Kondisi ini disebabkan antara lain oleh gangguan pergerakan otot bola mata sehingga sudut kedua mata tidak sinkron (tahap awal seseorang yang akan menjadi juling atau strabismus). Penyebab lainnya adalah kerusakan saraf yang melayani otot otot bola mata. Kerusakan saraf ini disebabkan oleh stroke, cidera kepala, tumor otak dan infeksi otak. Diplopia binokular juga bisa terjadi pada pasien diabetes, miastenia gravis, penyakit graves, trauma atau cidera pada otot mata dan kerusakan pada tulang penyangga bola mata.

Diplopia monokular yaitu diplopia yang hanya terjadi pada satu mata. Penglihatan ganda muncul saat salah satu mata ditutup. Gangguan ini dapat terjadi pada pasien dengan astigmatisme, gangguan lengkung kornea, pterigium, katarak, dislokasi lensa mata, gangguan produksi air mata dan beberapa gangguan pada retina.

Karena bukan merupakan penyakit secara khusus atau dengan kata lain diplopia merupakan gejala yang bisa terjadi pada beberapa penyakit yang saya sebutkan diatas maka pengobatan diplopia terggantung dari penyakit dasar yang menyebabkan terjadinya diplopia.

Nih buat jajan