Memahami Masalah Kesehatan Pada Perempuan

motorqq
win228

Disela sela kehidupannya yang sehat, seorang perempuan sebenarnya mempunyai dua masa kritis akan masalah kesehatan. Kedua masa tersebut adalah saat mereka memasuki usia pubertas dan saat memasuki usia pertengahan. Jarang sekali perempuan yang mampu melewati kedua masa ini dengan lancar atau tanpa hambatan.

Pada masa pubertas, hormon hormon terutama hormon seksual mulai berkembang dengan pesat. Hal ini ditandai dengan perubahan bentuk tubuh yang drastis seperti pembesaran payudara, pertumbuhan rambut di daerah kemaluan dan perubahan cara berpikir. Masalah umumnya timbul akibat dari perubahan pola pikir dan terjadinya gangguan pada produksi hormon seksual.

Apa saja masalah kesehatan yang sering menghinggapi kaum perempuan?

Memuat...

Saat memasuki usia diatas 45 tahun, seorang wanita harus bersiap siap menghadapi perubahan fisik/hormonal tahap kedua. Saat ini tubuh berusaha untuk merespon perubahan yang terjadi sehingga akan menimbulkan gejala fisik yang tidak normal.  Beberapa gejala yang sering timbul antara lain, berdebar debar, nyeri dada, perdarahan atau menstruasi yang tidak normal, sensitif, depresi, gangguan tidur, menurunnya nafsu makan, rasa panas pada kulit, gangguan kesuburan dan lain lain.

Melihat daftar keluhan yang sedemikian panjang, anda tidak perlu takut atau khawatir, umumnya setiap keluhan tersebut dapat diatasi dengan pengobatan yang cepat dan tepat. Pastikan di dalam pikiran bahwa segala keluhan tersebut sangat erat hubungannya dengan masa menopause atau memasuki usia menopause. Saat ini, pengobatan yang umum dilakukan untuk mengatasi problem menopause adalah Hormone Replacement Therapy (HRT).

Metode pengobatannya sendiri adalah dengan menyuntikan sejumlah hormon ke peredaran darah sehingga hormon hormon ini diharapkan mampu menutupi kekurangan hormon yang terjadi pada perempuan menopause.

Selain masalah kesehatan yang saya sebutkan diatas sebenarnya masih banyak masalah kesehatan yang bisa menghinggapi kaum perempuan. Perlu diingat bahwa semakin dini masalah itu diketahui maka semakin cepat dan mudah pula masalah itu dapat diatasi. Sehingga seorang perempuan harus selalu mengkomunikasikan masalah kesehatannya dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama pada masa masa kritis yang saya sebutkan diatas.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *