Untungnya Mengkonsumsi Vitamin B6

Vitamin B6 atau sering pula disebut dengan pyridoxine merupakan golongan vitamin yang paling beken diantara keluarga besar vitamin B. Vitamin B6 bersama sama dengan niasin, asam folat dan kobalamin berperanan dalam membantu menggerakan beberapa fungsi vital dari tubuh manusia. Meskipun kebutuhan terhadap vitamin ini sangat kecil namun manfaat yang diperoleh sangatlah besar.

Setiap hari kita hanya butuh mengkonsumsi vitamin B6 sebanyak 0,2 mg guna membantu tubuh memproduksi sekitar 60 jenis enzim penting. Vitamin ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena akan membuatnya menjadi racun bagi tubuh.

Mengapa kita mengkonsumsi vitamin B6?

Loading...

Tubuh membentuk protein dengan mengubah asam amino yang terdapat dalam makanan. Proses perubahan ini dibantu oleh vitamin B6. Disamping itu, vitamin B6 membantu tubuh membentuk energi dengan membakar cadangan gula yang terselip diantara organ tubuh. Pembentukan hemoglobin dari protein juga dibantu oleh vitamin B6. Sebagaimana kita tahu, hemoglobin merupakan zat yang sangat penting untuk mengedarkan oksigen, enzim dan zat zat makanan ke seluruh organ tubuh.

Makanan yang kaya protein seperti telur, ikan, unggas dan daging juga merupakan sumber makanan yang kaya dengan vitamin B6. Disamping itu, anda juga bisa menjumpai vitamin B6 dalam roti, sereal, dan buah buahan.

Kapan seseorang perlu mengkonsumsi suplemen vitamin B6?

Ada lima hal yang mengharuskan anda mengkonsumsi suplemen vitamin B6, yaitu :

  1. Jika anda menderita asma atau diabetes melitus.
  2. Mereka yang mempunyai masalah dengan jantung.
  3. Membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.
  4. Vegetarian harus mengkonsumsi vitamin B6 karena mereka tidak cukup mendapatkannya dari sayur dan buah buahan.
  5. Jika anak anak tidak cukup mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein.
Tulis Komentar

loading...