Akhirnya Pindah Juga

tips pasutri

tips pasutri

s_monopoly-house.jpg

Setelah membaca semua komentar di tulisan ini, akhirnya saya mengikuti saran mereka yang menganjurkan saya untuk pindah hosting. Bukannya apa apa, kebutuhan bandwidth blog ini ternyata semakin menggila. Pada tanggal 14 kemarin, jatah bandwidth yang 13 GB sudah habis, padahal baru pertengahan bulan. Nggak enak rasanya kalau minta tambahan bandwidth gratis dengan jumlah yang cukup besar. Apalagi tanggal 14 kemarin praktis blog ini tidak bisa diakses seharian karena bandwidth limit excedeed.

Setelah berdiskusi dengan teman milis saya M. Kurniawan mengenai langkah apa yang sebaiknya saya ambil. Lalu dia memberikan solusi untuk memindahkan hosting ke tempat teman sesama milis lainnya yaitu Iman Teguh P. Memang sih server hosting yang ia kelola masih sifatnya personal alias bukan di jual untuk umum namun dari sisi server yang dipake tidak bisa diragukan kehandalannya. Meskipun dengan harga yang lebih mahal dari hosting sebelumnya, saya pikir space 500 MB dan bandwidth yang unlimited sudah sebanding dengan harga yang ditawarkan. Sampai saat ini saya belum bisa menemukan hosting yang berani memberikan bandwidth unlimited dengan harga sekian.

Proses migrasi berlangsung singkat dengan bantuan penuh dari saudara Iman. Mulai dari proses backup blog di hosting lama sampai dengan pengaktifan blog di hosting baru. Semua proses berjalan lancar dan tepat jam 14.00 tanggal 15 September 2008, blog ini sudah menempati rumah baru. Tidak ada perubahan berarti yang saya rasakan saat blog ini berada di hosting baru. Kecepatan akses masih sama. Beberapa link dan komentar tidak ada masalah. Mudah mudahan hal yang sama juga terjadi di lokasi dan ISP lain.

Perpindahan ini bukannya tanpa kendala. Karena sifat hosting yang bukan komersial murni, beberapa fasilitas/fitur hosting masih menggunakan software open source. Salah satunya adalah Cpanel yang menggunakan ispCP Omega. Pada ispCP Omega, kita tidak akan menemukan tampilan seperti CpanelX dan Fantastico, namun beberapa fasilitas penting seperti file manager, statistik dan manajemen email cukup lengkap. Apa apa yang baru pasti butuh penyesuaian diri demikian pula dengan Cpanel ini.

Dengan bandwidth yang lebih lega ini maka beberapa tulisan yang saya tutup komentarnya, saya buka kembali. Cara menjawab komentar pun saya kembalikan ke cara lama yaitu dengan membuka komentar tersendiri bukan mengedit komentar yang ada.

Mudah mudahan dengan perubahan ini blogdokter dapat memberikan manfaat lebih kepada pembaca sekalian.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.