Apa Yang Menyebabkan Laki Laki Depresi?

depresi.jpg

Jika saat ini anda menganggap bahwa depresi merupakan penyakit khusus kaum perempuan maka anggapan anda tersebut salah besar. Depresi dapat menyerang siapa saja, tidak peduli apakah dia perempuan atau laki laki. Mungkin karena perempuan lebih terbuka dalam mengungkapkan masalahnya maka orang cenderung menganggap perempuanlah makhluk yang paling sering depresi. Sebaliknya laki laki cenderung untuk menutupi masalahnya dan mereka jarang banget mencari pertolongan terhadap masalahnya itu. Keadaan ini mungkin disebabkan oleh karena seorang laki laki selalu merasa dirinya superior dan malu kalau dikatakan sakit. Apalagi penyakit yang ada hubungannya dengan emosional, tambah malu lagi untuk diceritakan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seorang laki laki depresi, berikut adalah beberapa diantaranya.

Pajak Games

Seks

Banyak laki laki menganggap kadar maskulinitas mereka dapat dinilai dari kemampuan mereka di ranjang sehingga mereka akan tertekan bila suatu saat mereka gagal untuk memuaskan pasangannya. Mereka tidak mampu untuk melaksanakan ritual suami istri saat sang istri membutuhkan. Sayangnya sebagian obat anti depresan justru menurunkan libido laki laki.

Kehamilan dan anak anak

Depresi pasca melahirkan merupakan sesuatu yang jamak pada ibu rumah tangga setelah melahirkan seorang bayi. Hal itu wajar karena saat hamil dan menyusui terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Sayangnya hanya sedikit yang tahu kalau sang Bapak juga mengalami hal yang sama saat sang Istri mengandung dan memilki bayi. Satu dari 10 laki laki yang sudah berkeluarga merasa tertekan atau depresi saat ada perubahan dalam hidupnya.

Ikatan

Untuk laki laki yang berkeluarga, ketidakharmonisan rumah tangga merupakan hal yang paling utama dalam menyebabkan depresi. Laki laki kayaknya lebih sulit untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan istrinya. Saat mereka tidak nyaman dan selalu bertengkar dengan pasangannya, mereka akan menghindari bentrokan lebih lanjut dan memilih untuk menyalurkan perasaannya menjadi cemas, stress dan depresi. Umumnya laki laki juga tidak merasa nyaman dengan proses perpisahan atau perceraian terutama bila proses tersebut diprakarasai oleh sang istri. Fakta membuktikan bahwa laki laki yang depresi mempunyai kecenderungan untuk bunuh diri dan benar benar mati.

Pensiun atau Menganggur

Laki laki selama hidupnya lebih banyak menghabiskan waktu dan berkecimpung dalam pekerjaan. Ironisnya, banyak rumah tangga yang hancur hanya gara gara sang suami sibuk mengejar karir atau posisi bagus dalam pekerjaanya. Sehingga tidaklah mengejutkan bila saat pensiun mereka akan merasa depresi dan tertekan. Hal yang sama juga terjadi pada laki laki yang tiba tiba kehilangan pekerjaan. Depresi akibat pekerjaan ini lebih mempunyai efek jangka panjang dan sering menyebabkan seorang laki laki menjadi terggantung kepada alkohol dan narkoba serta besar kemungkinan untuk bunuh diri.

Jika saat ini anda sedang depresi, minum sampai mabuk bukan merupakan solusi yang bagus. Pertama anda harus sadar bahwa memendam perasaan tertekan seorang diri akan menyebabkan anda semakin tertekan dan berfikir irasional. Jangan pernah takut atau malu curhat mengenai masalah yang anda hadapi dengan teman karib anda.

Olah raga yang rutin dan pengaturan diet yang seimbang juga merupakan kunci penting dalam menjaga keseimbangan mood. Olah raga akan menyebabkan anda tidur dengan nyenyak, sementara makan yang sehat akan memberikan tubuh anda vitamin dan mineral guna menjaga kekuatan tubuh dalam mengatasi depresi.

Bila memang perlu, anda bisa mencoba obat obatan anti depresi, namun alangkah baiknya anda berkonsultasi ke dokter sebelum anda mengkonsumsi obat obatan tersebut. Anda juga harus segera ke dokter bila memang anda sudah gagal untuk mengontrol depresi yang anda rasakan.

Tulis Komentar

loading...

loading...