Fitur Layanan Hosting

Akhir akhir ini, kian banyak blogger yang membangun blognya dengan menggunakan ‘rumah sendiri’. Mereka tidak lagi menumpang di ‘rumah’ gratisan semacam wordpress.com atau blogger.com.

Membuat blog dengan menggunakan ‘rumah sendiri’ tidaklah semudah membangun sebuah blog di server gratisan. Tidak hanya memerlukan kesiapan dari segi pendanaan untuk nyewa hosting dan domain, kita juga dituntut untuk sedikit memahami seluk beluk dunia hosting.

Kebingungan pertama yang ditemui oleh seorang blogger saat membuat blog dengan menggunakan ‘rumah sendiri’ adalah dalam menentukan hosting yang tepat. Sudah banyak teman blogger yang tertipu oleh sebuah perusahaan hosting yang layanannya berbeda dengan apa yang dipromosikan.

Memuat...

Saat ini ada puluhan perusahaan penyedia hosting dengan berbagai macam fitur dan harga. Sayangnya sangat sulit untuk menemukan sebuah perusahan hosting dengan kualitas yang bagus namun memberikan harga yang murah.

Berikut adalah beberapa fitur hosting yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah hosting. Dengan mengetahui fitur fitur ini, anda diharapkan mampu untuk mengetahui kebutuhan anda sehingga anda bisa memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Platform.

Umumnya terdapat 2 jenis platform hosting yaitu Unix dan Windows. Unix merupakan platform hosting yang paling populer karena platform ini memiliki keunggulan dalam hal keamanan dan memiliki banyak fitur. Namun jika anda membutuhkan fitur semacam ASP atau anda menggunakan database MS Access, maka anda membutuhkan hosting dengan platform Windows.

Frontpage Extensions

Jika anda membuat blog dengan menggunakan MS Frontpage dan menggunakan beberapa komponen frontpage seperti hit counter maka anda memerlukan hosting yang memberikan fasilitas frontpage extensions.

ASP

ASP (Active Server Pages) adalah fitur yang serupa dengan CGI. Fitur ini berguna bila anda ingin membangun sebuah web dinamis yang dijalankan menggunakan script Active X. ASP juga diperlukan bila sebuah web menggunakan Visual Basic atau Javascript.

Webspace

Webspace adalah besarnya kapasitas hosting yang anda butuhkan untuk menyimpan halaman web beserta gambar dan lain lain. Jika blog anda hanya terdiri dari beberapa halaman maka anda tidak memerlukan kapasitas hosting yang besar. Namun jika anda ingin menyimpan database atau file dalam jumlah besar maka anda memerlukan kapasitas hosting yang besar. Biasanya, perusahan hosting akan sangat fleksibel dalam menambah kapasitas seiring dengan pertumbuhan blog anda.

Bandwith

Bandwith adalah jumlah data yang mondar mandir pada periode waktu tertentu. Misalnya bila seseorang membuka sebuah halaman web, maka hal tersebut akan meningkatkan jumlah pemakaian bandwith. Perusahaan hosting rata rata menawarkan bandwith antara 1 GB sampai dengan 5 GB per bulan. Penentuan besaran bandwith sangat tergantung dari ukuran halaman web anda berikut gambar gambar yang ada di dalamnya. Bila jatah bandwith anda sebulan habis maka beberapa perusahaan hosting memberikan tambahan bandwith secara cuma cuma namun tidak sedikit pula yang meminta bayaran.

CGI

CGI (Common Gateway Interface) adalah fitur standar yang memungkinkan pengunjung web berinteraksi dengan anda via website. Jika web atau blog anda memiliki contact form atau menggunakan database maka anda membutuhkan hosting dengan fitur CGI.

PHP

PHP (Pre Hypertext Processor) adalah bahasa pemograman web yang mirip dengan Perl yang digunakan untuk membangun sebuah web dinamis. Script PHP nantinya akan dicampur dengan HTML untuk membangung sebuah website yang dinamis. Website dinamis disini maksudnya bila website tersebut mampu memfasilitasi hubungan interaktif antara pemilik web dengan pengunjung. Dalam dunia blog kita mengenal hubungan ini melalui komentar komentar yang ada pada tiap tulisan.

SSI

SSI (Server Side Include) merupakan fitur yang memungkinkan pembuat web memasukan data dari sebuah file ke dalam halaman web dengan menggunakan tag khusus. Misalnya bila kita ingin memasukan data dari file excel, word dan lain lain ke dalam web kita.

SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan fitur yang anda butuhkan bila anda menginginkan pengamanan tambahan pada web anda. Misalnya web anda berhubungan dengan data sensitif seperti memasukan nomor kartu kredit. Fitur ini juga merupakan fitur wajib pada web web yang melayani transaksi online.

Shopping Cart

Jika anda ingin menggunakan website untuk menjual sesuatu maka anda akan membutuhkan fitur ini. Shopping cart nantinya akan digabung dengan SSL untuk mendapatkan pengamanan dari tangan tangan jahil.

Dukungan Database

Bila anda ingin menyimpan semua data yang masuk ke dalam sebuah database maka anda akan membutuhkan dukungan ini. Saat ini hampir semua web menggunakan database untuk menyimpan data termasuk blog.

Platform Database

Umunya terdapat 2 tipe database yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan hosting yaitu MS Access dan MySQL. Pilihan diantara keduanya tergantung pada selera anda sebab masing masing memiliki fitur yang mirip. Bila ternyata anda ingin menggunakan database Access maka anda harus menggunakan hosting dengan platform Windows.

Webmail

Webmail memungkinkan anda mengirim dan menerima email via halaman web. Anda akan diberikan alamat web untuk melakukan logon bila ingin membaca atau mengirimkan email.

Statistik

Statistik akan memberikan anda laporan tentang seberapa banyak web anda dikunjungi orang. Laporan yang diberikan termasuk jumlah data yang tersedot, asal pengunjung, halaman yang paling sering dikunjungi dan lain lain.

Demikianlah beberapa fitur yang perlu anda ketahui sebelum anda menentukan pilihan terhadap sebuah layanan hosting.

Nih buat jajan