Rambut Anda Berketombe?

Ketombe yang dalam bahasa kedokterannya disebut dengan seborrhea atau dermatitis seboroik sering terjadi pada kulit yang berminyak, namun tidak sedikit pula yang ditemukan pada tipe kulit kering. Ketombe tidak hanya menyerang kulit kepala, namun ia bisa menyerang daerah lain seperti pada wajah, lipatan payudara, ketiak dan lain lain.

Ketombe adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh karena kulit yang terlalu lembab atau berminyak. Kelembaban dan minyak yang berlebihan pada kulit akan menyebabkan kulit meradang. Hal inilah mengapa ketombe dimasukan ke dalam kelompok penyakit radang kulit atau dermatitis.

Sering kita mendengar dan melihat iklan di media massa tentang shampo yang katanya mampu untuk mengatasi rambut yang berketombe. Sayangnya tidak semua penderita ketombe bijak dalam menyikapi iklan tersebut sehingga mereka akan terus berganti ganti shampo yang menurut iklan cukup ampuh untuk mengatasi rambut berketombe. Perlu diketahui bahwa shampo yang biasa anda pakai tidak akan menyebabkan rambut anda berketombe dan tidak semua shampo bermanfaat untuk mengobati ketombe.

Shampo yang dibuat untuk mengobati ketombe sedikitnya harus mengandung bahan bahan seperti tar, salicylic acid, zinc, selenium sulfide dan ketoconazole. Walaupun tidak ada jaminan bahwa shampo yang mengandung bahan bahan tersebut akan mampu 100% mengobati ketombe namun bahan bahan tersebut minimal akan mampu untuk mengendalikan serangan ketombe pada kulit kepala.

Anda dapat menggunakan shampo anti ketombe sesuka anda. Bisa seminggu sekali, dua hari sekali atau bisa juga setiap hari. Semua terggantung pada keparahan dari gejala ketombe yang anda derita. Makin parah keadaannya maka makin sering pula anda harus menggunakan shampo anti ketombe.

Jika dalam beberapa kali pemakaian ketombe sudah lenyap maka anda dapat mengganti shampo perawatan tersebut dengan shampo biasa. Jika ketombe muncul lagi maka anda sebaiknya kembali menggunakan shampo anti ketombe. Demikian terus berulang ulang sampai ketombe anda berkurang dengan drastis.

Selain dengan shampo, pengobatan ketombe juga dapat menggunakan krim yang mengandung kortison dan anti jamur. Kortison akan berfungsi untuk mengurangi reaksi radang. Belilah krim yang konsentrasi kortisonnya antara 0,5% atau 1% agar krim tersebut aman digunakan pada wajah. Gunakan krim ini dua kali sehari pada bagian kulit yang berketombe.

Seperti halnya shampo, penggunaan krim sebaiknya dihentikan bila ketombe sudah menghilang dan dipakai lagi bila nantinya ketombe muncul lagi.

Jika semua usaha diatas sudah anda lakukan namun ketombe tetap membandel maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit langganan anda. Pengobatan ketombe memang susah susah gampang. Susahnya karena ketombe sering kambuh dan tidak bisa hilang sama sekali, sedangkan gampangnya, ketombe bisa dihilangkan dengan cara cara yang sangat sederhana dan murah.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.