BlogDokter Kini WordPress 2.5

Pada tanggal 3 April 2008, pukul 22.00 WITA, BlogDokter sukses melakukan upgrade mesin dari WordPress 2.3.2 ke WordPress 2.5. Semua proses berlangsung lancar dan memakan waktu kurang dari 15 menit. Sepuluh menit dibutuhkan untuk upload semua berkas baru dengan menindih berkas lama, 5 menit diperlukan untuk melakukan perbaikan disana sini. Panduan upgrade bisa dibaca disini. Sedangkan WP 2.5 seperti biasa bisa diunduh disini atau disini.

Kesan pertama memandang WP 2.5 langsung takjub melihat tampilan Dashboard yang betul betul baru. Selain perubahan dari segi pewarnaan, tata letak menu pun menjadi lebih simpel dan enak dipandang. Satu persatu bagian dari menu saya buka dan kesimpulan sementara saya adalah belum saya temukan fitur yang benar benar baru dari WP 2.5 ini. Walau penampakanya berubah, secara umum masih WordPress banget.

Kesimpulan saya berubah ketika memasuki halaman manajemen plugin. Disini tidak hanya perubahan tampilan yang tampak tetapi ada satu fitur yang cukup bagus yaitu pilihan untuk melakukan upgrade plugin secara otomatis. Bila pada versi sebelumnya kita hanya diberi tahu plugin yang harus di upgrade, pada versi 2.5 kita diberi kemudahan untuk melakukan upgrade secara otomatis. Bila ada satu plugin kita yang sudah out of date, maka kita hanya memerlukan satu kali klik untuk melakukan upgrade.

Memuat...

Puji syukur saya panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena tidak satu pun plugin dan theme yang saya miliki tidak kompatibel dengan WP 2.5. Hanya plugin WP Super Cache yang perlu di upgrade. Kesimpulan ini baru sementara karena saya membutuhkan masukan dari teman teman pembaca BlogDokter untuk memberi tahu saya bila ada error pada salah satu plugin yang saya pasang.

Demikian laporan singkat saya saat memperbaharui mesin dari BlogDokter. Seperti biasa saya mohon komentarnya.

Nih buat jajan