Akhirnya Saya Berhasil

tips pasutri

tips pasutri

Setelah berjuang selama 3 hari berturut turut ditambah dengan kelelahan fisik dan mental akhirnya saya berhasil lulus dalam pelatihan ATLS yang dilaksanakan di Bagian Bedah RSUP Sanglah Denpasar dari tanggal 15 sampai 17 Februari 2008. Terima kasih atas dorongan dan doa rekan rekan semua yang menjadi motivator saya dalam melaksanakan kegiatan ini.

Pelatihan penanganan penderita trauma tingkat lanjut ini dimulai dari pukul 07.00 WITA sampai dengan pukul 18.00 WITA. Sekitar 40 dokter dari Denpasar, Surabaya, Bandung, dan Blitar mengikuti latihan dibimbing oleh sekitar 10 orang instruktur. Para instruktur selain berasal dari RSUP Sanglah juga berasal dari Surabaya dan Jakarta, hal ini semata mata karena pelatihan ATLS bersifat nasional alias lokasinya bergiliran dengan materi yang berstandar internasional.

Kegiatan pada hari pertama setengah hari diisi dengan kuliah, sisanya diisi dengan skill station, hal yang sama juga berlangsung pada hari kedua. Sedangkan pada hari ketiga diisi dengan ujian, baik ujian tulis maupun ujian praktek dengan pasien. Karena padatnya kegiatan, kelelahan sangat terasa diantara para peserta, padahal konon di negara lain pelatihan ini hanya berlangsung sehari sampai dua hari. Bisa dibayangkan apa yang terjadi bila pelatihan ini dimampatkan menjadi sehari. 🙂

Ketegangan sempat terasa di wajah para peserta saat pengumuman hasil ujian tulis, sebab bila seorang peserta gagal memenuhi nilai standar saat ujian tulis maka yang bersangkutan langsung pulang dan tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian pasien. Dengan demikian dapat dipastikan peserta ini tidak lulus.

Syukurlah saya dapat melampaui segala hambatan tersebut dan berhasil menjadi seorang dokter dengan sertifikasi ATLS Internasional, walaupun sempat beberapa kali mengikuti ujian ulangan akibat dari kegagalan memenuhi nilai kelulusan yang terlampau tinggi.

Pelatihan ini juga menjadi ajang kopdar dengan seorang blogger sesama dokter yaitu Deddy Andaka. Ditengah padatnya waktu latihan, sempat juga ngobrolin soal blog saat jam makan siang. Dasar blogger tiada waktu tanpa blog. 🙂

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.