Do Follow Musuhan Dengan Google?

Seperti yang saya tulis di artikel ini, ini dan ini, saya menggunakan suatu plugin untuk menghilangkan fungsi rel=”nofollow” yaitu plugin Dofollow. Tujuan saya mematikan no follow adalah agar komentar yang hadir di blog ini bisa diperhitungkan oleh mesin pencari sehingga pengunjung tidak sia sia berkomentar di Blogdokter.

Pada awalnya sih saya tidak merasakan perubahan apa apa, semua berjalan dengan normal. Ketika saya lihat source blog saya, rel=”nofollow” sudah berganti dengan rel=”external” yang menandakan plugin yang saya pasang sudah berjalan dengan baik. Satu hal yang menurut saya aneh adalah referal dari mesin pencari Yahoo! koq bisa lebih besar dari Google, bahkan bisa sampai 2 kali lipatnya. Ini pun akhirnya saya cueki karena anggapan saya mungkin blog saya ini memang sedang tidak disukai ama Google.

Sampai akhirnya saya mengganti theme saya dengan 1 Blog Theme besutan Javier Garcia. Ketika saya cek kembali source blog saya, ternyata semua rel=”external” telah balik lagi menjadi rel=”nofollow”, padahal plugin Dofollow masih terpasang dengan baik. Saya sempat komplain sama Javier Garcia di blognya, dan doi menanggapi komplain saya dengan menampung masukan tersebut guna pengembangan theme ini selanjutnya. Saking demennya saya sama 1 Blog Theme, saya rela mematikan plugin Dofollow karena memang fungsinya menjadi mandul dengan theme ini.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Seminggu tidak menggunakan plugin ini ternyata ada sesuatu yang membuat saya terkejut. Referal dari mesin pencari Google ke blog ini menjadi meningkat 4 kali lipat, bahkan saat ini sudah jauh meninggalkan Yahoo. Hebatnya lagi, ada beberapa topik di blog ini berada di peringkat 1 Google dan beberapa lagi berada di halaman 1, yang sebelumnya hampir tidak pernah terjadi. Peningkatan referal ini juga berbanding lurus dengan peningkatan trafik yang terjadi. Akhir akhir ini trafik saya meningkat hampir 2 kali lipat.

Saya jadi bertanya tanya, ada apa antara plugin Dofollow dengan Google?

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan