Seluk Beluk Kolesterol (3 habis)

tips pasutri

tips pasutri

Dampak dari naiknya kolesterol HDL.

Pada beberapa percobaan yang dilakukan oleh para ahli untuk menguji dampak dari penurunan kadar kolesterol LDL dalam mengurangi kejadian serangan jantung, ternyata ditemukan juga kalau dengan peningkatan kadar kolesterol HDL yang sedikit saja sudah mampu mengurangi kejadian serangan jantung. Pada setiap peningkatan 1 mg/dl kolesterol HDL, akan terjadi penurunan resiko penyakit jantung koroner sebesar 2 sampai 4%. Meskipun tidak ada target khusus dalam usaha pengobatan kolesterol, kadar kolesterol HDL harus tetap dipertahankan diatas 40 mg/dl.

Bagaimana cara meningkatkan kadar kolesterol HDL?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL (dan menurunkan rasio LDL/HDL) adalah dengan mengubah pola hidup yang tidak sehat. Jika dengan perubahan perilaku ini peningkatkan kadar kolesterol HDL tidak mencapai apa yang diharapkan, maka baru dipertimbangkan untuk melakukan pengobatan dengan obat-obatan. Dalam memberikan obat, dokter akan selalu mempertimbangkan segala hal tentang keadaan atau kondisi pasien termasuk ketidaknormalan kadar kolesterolnya.

Olah raga secara teratur, penurunan berat badan, menghentikan kebiasaan merokok, akan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Anehnya, beberapa ahli malah menganjurkan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedikit secara teratur (segelas sehari) untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL, meskipun hal ini masih menimbulkan perdebatan karena mekanisme yang belum begitu jelas. Mungkin karena sebab itulah maka konsumsi alkohol ini tidak dianjurkan sebagai pengobatan rutin untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL, disamping ternyata alkohol juga mempunyai banyak efek yang tidak baik bagi tubuh.

Sudah cukupkah sekedar menurunkan kadar kolesterol LDL?

Sayangnya, pencegahan dan pengobatan aterosklerosis sangatlah komplek, tidak sekedar menurunkan kadar kolesterol LDL lalu masalah selesai. Pengurangan kadar kolesterol LDL baru merupakan pertengahan jalan untuk memerangi aterosklerosis. Seseorang dengan kadar kolesterol LDL normal atau meningkat sedikit tetap mempunyai kemungkinan untuk mengalami aterosklerosis dan serangan jantung walaupun faktor resiko yang lain seperti merokok, tekanan darah tinggi serta diabetes melitus tidak ada. Kesimpulannya, keberhasilan menurunkan kadar kolesterol LDL tidak serta merta membebaskan pasien dari kemungkinan terkena aterosklerosis dan serangan jantung sehingga dalam melakukan pengobatan ini perlu juga dilihat segala faktor lain yang terlibat di dalamnya. Hal ini akan menambah kewaspadaan dari para dokter dan pasien untuk menghadapi hal hal yang tidak diinginkan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.