Sakit Kepala (2)

tips pasutri

tips pasutri

Dalam penatalaksanaan sakit kepala sangat diperlukan peranan pasien untuk mengungkapkan segala hal yang dikeluhkan dan dirasakan saat ini. Mengapa demikian? Karena sakit kepala sangat subyektif, artinya sakit yang dirasakan oleh satu individu tidak sama dengan individu yang lain. Ada beberapa orang tahan terhadap sakit kepala yang dirasakan sehingga tidak menganggu aktifitasnya sehari-hari, dilain pihak ada pula yang tidak tahan sama sekali sehingga harus berbaring di tempat tidur padahal intensitas sakit yang dirasakan adalah sama.

Catatlah setiap serangan sakit kepala yang anda rasakan ke dalam sebuah buku untuk membantu mengidentifikasi penyebab dan pencetus dari sakit kepala yang dialami. Pada saat sakit kepala timbul, catat tanggal dan jam mulainya sakit kepala, apa saja yang anda lakukan dalam 24 jam terakhir, berapa lama anda tidur pada malam sebelumnya, apa yang anda lakukan dan pikirkan sesaat sebelum sakit kepala timbul, stress apa yang anda alami saat itu, berapa lama sakit kepala dirasakan, dan apa yang anda lakukan untuk menghentikannya. Setelah lewat beberapa kali serangan, anda bisa melihat adanya sebuah pola dari sakit kepala yang anda rasakan.

Dari pola yang ada, anda dan dokter anda bisa mendiskusikan kira-kira apa yang menjadi biang kerok dari sakit kepala yang anda rasakan sehingga penyebab itu bisa anda hindari. Dari sini anda sudah bisa menanggulangi sakit kepala tanpa memerlukan obat sama sekali.

Terkadang sakit kepala yang dirasakan bisa berkurang bila mata ditutup dan kepala di relaksasi. Teknik relaksasi ini dapat membantu pada beberapa orang terutama bagi mereka yang menderita sakit kepala yang disebabkan oleh stress. Pijatan dengan air hangat atau balsem hangat pada leher bagian belakang cukup efektif untuk mengurangi keluhan pada mereka yang menderita sakit kepala tegang.

Minumlah paracetamol, aspirin atau ibuprofen bila tindakan diatas telah anda lakukan namun tidak memberikan hasil yang memuaskan. Cuma yang harus diingat, jangan memberikan aspirin pada anak-anak karena bisa menyebabkan sindroma Reyes. Untuk migren bisa diobati dengan aspirin, naproxen, atau obat migren yang banyak di jual di warung-warung. Bila keluhan tidak berkurang juga, maka anda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sebagian besar obat yang dipergunakan untuk mengobati sakit kepala sangat tidak bersahabat dengan lambung, sehingga sangat dianjurkan untuk meminum obat tersebut setelah makan. Bila memang sebelumnya anda menderita maag maka harus dipilih obat yang betul-betul aman untuk lambung.

Bersambung…

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.