Komentar Anda Makin Kami Hargai

tips pasutri

tips pasutri

Blog dan komentar merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Blog tanpa komentar ibarat sayur tanpa garam. Di banyak blog, daftar komentar bahkan lebih panjang daripada artikel yang dikomentari. Tulisan yang hanya beberapa kalimat memiliki komentar sampai puluhan bahkan ratusan buah. Fenomena ini bisa dilihat di beberapa blog yang dikategorikan sebagai seleb blog sebab selain jumlah kunjungan, banyaknya komentar juga menjadi faktor penunjang seorang blogger disebut sebagai seleb blog..

Hadirnya komentar di suatu blog, tidak hanya sekedar untuk meramaikan tampilan blog tetapi juga mempunyai fungsi sebagai penyeimbang dari tulisan yang ada di blog tersebut. Komentator diharapkan dapat memberikan kritik yang membangun terhadap tulisan di suatu blog sehingga tulisan-tulisan berikutnya bisa lebih bagus dan bermanfaat bagi pengunjung blog. Sayangnya, selain mengharapkan kunjungan balik dari pemilik blog yang dikomentari, komentator tidak banyak mendapatkan nilai tambah saat menebar komentar di suatu blog.

Menjawab semua itu, maka saya selaku penulis Blogdokter berupaya untuk lebih menghargai penulis komentar dengan memasang beberapa plugin yang membela kepentingan komentator. Top Commentator adalah plugin yang pertama kali dipasang. Plugin yang dapat di unduh disini, mempunyai fungsi untuk menampilkan daftar peringkat pemberi komentar di sidebar blog ini. Peringkat didasarkan pada jumlah komentar yang diberikan selama sebulan, walau sebenarnya rentang waktu yang bisa dipilih bervariasi, dari setiap jam sampai setiap tahun. Cara instalasinya relatif mudah, kita tinggal menaruh file plugin di wp-content/plugin lalu mengaktifkan di bagian manajemen plugin maka Top Commentator sudah bisa digunakan.

Plugin yang kedua ada Do Follow. Plugin yang bekerja dengan cara menghilangkan rel nofollow pada taut komentar ini mempunyai manfaat agar komentar-komentar yang ada di blog ini dapat diperhitungkan oleh mesin pencari. Para pengguna plugin ini malah mengkampanyekan gerakan U Comment, I Follow yang gaungnya sudah diikuti oleh banyak penulis blog.

Plugin yang memihak komentar terakhir yang dipasang di Blogdokter adalah Comment Luv. Plugin ini berfungsi untuk menampilkan tulisan terakhir dari blog pemberi komentar. Pesan last blog post akan muncul di bagian bawah tulisan komentar. Proses instalasi-nya pun sangat mudah, anda cukup menaruh file commentluv.php pada /wp-content/plugin lalu mengaktifkannya di bagian manajemen plugin maka Comment Luv sudah bekerja dengan baik.

Cara kerja plugin ini sebenarnya cukup rumit. Comment Luv akan menelusuri tulisan terakhir pada blog komentator berdasarkan RSS/Feed yang terdapat pada blog komentator. Walaupun demikian, pembuat plugin ini menjamin kecepatan loading dari blog tidak akan menurun secara signifikan.

Setelah proses instalasi berhasil, akan muncul tulisan This blog uses the CommentLuv plugin which will try and parse your sites feed and display a link to your last post, please be patient while it tries to find it for you di bagian bawah kolom komentar yang cukup menganggu, tetapi jangan khawatir, tulisan tersebut dapat dihilangkan dengan menghapus baris dibawah ini pada file plugin.

add_action(‘comment_form’,’add_text’);

// function to add text to bottom of form field
function add_text($id){
echo ”
This blog uses the CommentLuv plugin which will try and parse your sites feed and display a link to your last post, please be patient while it tries to find it for you.”;
return $id; // need to return what we got sent
}

Dengan memasang plugin Comment Luv, maka komentator dapat mempromosikan tulisan terakhirnya di blog ini sehngga akan menggoda pembaca Blogdokter untuk berkunjung ke blog komentator. Hal ini tentu merupakan media promosi yang ampuh untuk meningkatkan kunjungan blog.

Akhir kata, Selamat Berkomentar.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.