Tolonggggg, Tanganku Kutilan

tips pasutri

tips pasutri

kutil

Berkenalan dan bersalaman dengan cewek cantik, ayu nan mulus merupakan idaman setiap cowok di muka bumi ini. Namun apa jadinya bila tangan yang disiapkan untuk bersalaman dipenuhi dengan kutil? Rasa rendah diri, malu, gelisah, gundah gulana semua berbaur menjadi satu. Harapan untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan dari perkenalan itu pun sirna. Bagi mereka yang mempunyai tingkat kepercayaan dirinya tinggi, hal tersebut bisa jadi bukan suatu masalah yang besar, namun bagaimana dengan mereka yang tingkat kepercayaan dirinya pas-pasan?

Pengalaman yang kurang lebih sama dialami oleh Wira. Doi mempunyai pengalaman yang sangat memalukan saat bersalaman dan berkenalan dengan seorang wanita yang baru dijumpainya di kampus. Wira tidak kuasa menahan malu saat Bunga menanyakan perihal tangannya yang berbenjol-benjol, padahal sebelumnya dalam hati Wira bertekad akan menggunakan segala kemampuan untuk mendapatkan Bunga. Tidak mau menanggung malu untuk kedua kalinya, Wira bertekad menanyakan penyakit yang ia derita ke dokter kulit langganan orang tuanya.

Kutil (Dangkangan) atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan Veruka adalah penyakit yang ditandai dengan gejala peningkatan pertumbuhan jaringan kulit lokal (epidermis) yang disebabkan oleh virus Human Paplloma Virus (HPV) tipe tertentu. Sebagaimana dengan penyakit lain yang disebabkan oleh virus, Veruka sangat menular terutama pada orang-orang yang kontak dekat dengan penderita. Bersentuhan, bergesekan, merupakan beberapa perilaku yang disebut kontak dekat, karena penularannya terutama melalui kontak kulit maupun ceceran darah dari veruka yang terluka.

Menurut para ahli dibidang per-kutil-an, kutil atau Veruka dikelompokan menjadi beberapa kelompok, antara lain; Veruka Vulgaris, Veruka Plana Juvenilis, Veruka Plantaris dan Veruka Akuminatum. Walaupun dibeda-bedakan seperti itu, tetapi secara garis besar bentuk dan lokasi Veruka sama saja dan sama sekali tidak mempengaruhi proses pengobatan.

Pengobatan Veruka bisa mempergunakan berbagai cara. Dapat dengan meneteskan bahan bahan kimia yang bersifat kaustik/membakar, atau dengan menggunakan kombinasi gas CO2, N2 dan N2O yang dikenal dengan nama bedah beku. Pengobatan yang paling umum dilakukan oleh para dokter yaitu dengan bedah listrik, bedah skapel dan yang paling canggih yaitu bedah laser. Teknik dari masing-masing proses pembedahan tersebut tidak dijelaskan disini karena sifatnya sangat teknis.

Cukup dengan pengobatan seperti yang disebutkan diatas, Veruka dapat sembuh dengan sempurna. Sayangnya pada beberapa pasien, angka kekambuhan dari Veruka sangat tinggi tanpa sebab yang jelas. Kekambuhan bisa terjadi pada tempat yang lain atau bisa juga pada bekas Veruka sebelumnya yang telah sembuh.

Akhirnya, jangan pelihara rasa malu karena kutil berlama-lama, segeralah berobat ke dokter.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.