Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sudahkah kita bertanah air satu? Bila sudah, maka kita tidak akan pernah lagi mendengar ada daerah yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita tidak akan mendengar lagi masyarakat pulau pulau terluar/daerah perbatasan lebih memilih mengibarkan bendera negara tetangga daripada bendera merah putih. Kita tidak lagi mendengar keluh kesah daerah yang terus bertambah miskin karena semua hasil sumber daya alam disedot untuk kepentingan pusat.

Sudahkah kita berbangsa satu? Bila sudah, maka kita tidak akan pernah mendengar bangsa GAM, bangsa RMS, bangsa OPM, yang ingin memisahkan diri dari bangsa Indonesia. Kita tidak lagi mendengar beberapa suku bangsa yang tertindas oleh suku bangsa lain yang merasa lebih mayoritas. Kita akan sangat bangga mengaku sebagai bangsa Indonesia di luar negeri tanpa rasa ketakutan karena di cap sebagai bangsa sarang teroris, sarang koruptor, sarang kejahatan dunia maya, dan sarang-sarang kejahatan yang lain.

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip


Memuat…


Sudahkah kita menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia? Bila sudah maka kita akan selalu berucap dan menulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita akan dengan bangga menggunakan bahasa Indonesia dalam berbicara di forum-forum internasional. Kita tidak akan merasa risih dan aneh dalam mengucapkan istilah-istilah komputer dalam bahasa Indonesia. Kita tidak lagi membaca spanduk-spanduk, pamflet, iklan, nama toko, dalam bahasa asing atau bahasa gado-gado. Kita tidak lagi mendengar pencampuradukan bahasa daerah, bahasa asing, dalam produk-produk seni seperti film, sinetron, komedi yang ditayangkan di media massa.

Bila ketiga sumpah diatas jawabannya tidak maka siap siaplah menerima ganjaran yang setimpal karena hampir semua agama di dunia ini melarang umat-Nya untuk melanggar janji/sumpah.

Sudahkah?

Mohon dukungannya agar blog ini tetap update (seikhlasnya) https://trakteer.id/blogdokter/tip

Bisa klik logo di bawah ini juga:

Nih buat jajan