PKK, UPGK, Posyandu Riwayatmu Kini

motorqq
win228

Menjawab tantangan Kang Kombor tentang kegiatan warisan Pelita (Pembangunan Lima Tahun) Orde Baru seperti PKK, Posyandu dan UPGK (Usaha Peningkatan Gizi Keluarga) yang masih berlangsung hingga kini maka akan saya turunkan laporan kegiatan yang masih berlangsung dan aktif di sekitar tempat tinggal saya yaitu Desa Sanur, Kota Denpasar.

Di Bali umumnya dan di Desa Sanur khususnya ketiga kegiatan pokok para wanita kader tersebut masih berlangsung sampai kini. Semua kegiatan masih terjadual rapi di masing masing Banjar (kelompok masyarakat setingkat RT). Mungkin dikarenakan ekspos tentang kegiatan mereka tidak segencar waktu jaman orde baru maka jarang banget kita jumpai koran koran yang menurunkan tulisan tentang kegiatan mereka sehingga kegiatan tersebut nyaris tidak terdengar.

PKK masih melakukan pertemuan tiap tiap bulan di masing masing Banjar. Kegiatan mereka antara lain penyuluhan tentang pemberdayaan ekonomi keluarga, arisan dan lain lain. Memang diakui tidak semua PKK Banjar melakukan kegiatan yang banyak, ada yang hanya menyelenggarakan arisan saja, namun minimal mereka masih ada kegiatan untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan masyarakat Banjar. Kegiatan PKK ini dikoordinir oleh PKK di tingkat desa yang secara periodik memberikan pengarahan pengarahan kepada ibu ibu PKK di setiap Banjar.

Memuat...

Posyandu dan UPGK, kedua kegiatan ini digabung ke dalam posyandu. Setiap minggu posyandu masih melakukan kegiatan penimbangan, imunisasi, penyuluhan penyuluhan dan lain lain. Semua kegiatan tersebut dilakukan di masing masing Banjar dan di kantor Desa. Pesertanya yang sebagian besar ibu ibu yang mempunyai anak balita pun antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan posyandu dan UPGK dikoordinir oleh Puskemas setempat. Sayangnya ada beberapa ibu yang malas untuk datang ke posyandu karena kesibukan mengejar karir dan lebih memilih dokter spesialis anak yang mahal daripada posyandu yang gratis.

Saat ini di desa kami sedang gencar program PPMM atau Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri yaitu program untuk menggali segala potensi dalam keluarga untuk menunjang keluarga yang mandiri. Keluarga mandiri yaitu keluarga yang mampu mengelola kegiatan ekonomi, kesehatan dan lain lain secara mandiri.

Demikian sekelumit kegiatan PKK, Posyandu dan UPGK yang masih berlangsung di sekitar tempat saya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *