Makanan Rendah Kolesterol

Posted in Info Kesehatan on 08 Mar 2010 Cetak

Untuk menurunkan kadar kolesterol darah, tentu anda harus memilih makanan yang rendah kandungan kolesterolnya. Makanan tersebut antara lain, daging ayam atau sapi yang bebas lemak, beberapa jenis ikan dan makanan laut lainnya.

Daging bebas lemak artinya saat anda memutuskan untuk memasak daging sapi atau ayam, anda harus menyisihkan kulit, lemak daging dan jeroannya. Untuk ikan, hampir semua ikan laut mengandung lemak tak jenuh yang sangat tinggi bahkan jauh melebihi daging.

Seperti pernah dibahas sebelumnya, kolesterol terdiri dari dua jenis yakni kolesterol LDL/lemak lenuh atau kolesterol jahat dan kolesterol HDL/lemak tak jenuh atau kolesterol baik. Kedua jenis kolesterol ini pasti ada di setiap makanan cuma kadarnya saja yang berbeda beda. Kolesterol LDL disebut sebagai kolesterol jahat karena ia bertanggung jawab atas faktor resiko terjadinya beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, kencing manis dan lain sebagainya. Sementara kolesterol HDL berlaku sebaliknya sehingga disebut kolesterol baik.

Selanjutnya mari kita bahas kadar kolesterol dari makanan yang sering kita konsumsi sehari hari :

Unggas

Secara umum, daging unggas cukup rendah kandungan kolesterol LDL-nya asal dikonsumsi tanpa kulit. Penyisihan kulit unggas bisa dilakukan sendiri saat memasak atau membelinya sudah tanpa kulit di pasar. Sekedar informasi, daging yang berwarna pucat jauh lebih rendah kadar kolesterol jahatnya bila dibandingkan dengan daging yang berwarna gelap.

Kurangi mengkonsumsi daging bebek dan angsa karena daging kedua jenis unggas ini mengandung kadar lemak jenuh yang sangat tinggi sekalipun kulitnya sudah disisihkan.

Ikan dan Kerang

Ikan umumnya memiliki kadar lemak jenuh yang lebih rendah daripada daging. Sementara itu, kerang memiliki kadar kolesterol LDL yang bervariasi. Udang yang disebut sebut memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi masih dapat dikonsumsi dengan aman asal tidak melebihi 3 ons (200 miligram kolesterol) sehari. Tentu dengan cara memasak yang rendah kolesterol atau tanpa minyak.

Bahan Pengganti Daging

Pilihan jatuh kepada tahu dan tempe berikut makanan olahannya. Tahu dan tempe dipercaya memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Sebaliknya, kadar lemak tak jenuhnya boleh dikatakan cukup tinggi. Selain itu, kandungan seratnya juga tinggi guna menurunkan kadar kolesterol darah. Sekarang tinggal bagaimana cara pengolahannya agar tahu dan tempe tersebut memiliki cita rasa yang tinggi dan menarik untuk dikonsumsi.

  Copyright secured by Digiprove © 2010 I Made Cock Wirawan Dibaca sebanyak 5755 kali. Terima kasih.

Merasa terbantu dengan artikel diatas? Mohon peran sertanya disini

Silakan berdiskusi tentang kesehatan disini : www.medisiana.com

Obat Peninggi Badan Tiens


  • You Avatar
    Blog Ini Ditulis Oleh Seorang Dokter Yang Kebetulan Suka Ngeblog dan Berteman.
  • Klik VSI Yusuf Mansur

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Berlangganan Artikel

    Tulis Email Anda


    Preview | Powered by FeedBlitz
  • Konsultasi Online

  • Komunitas

    Bali
Blogger Community

    Internet Sehat

  • Pengunjung

    web counter

    Klik Untuk Statistik

  • Umur Blog

    Blog ini telah online sejak 7 tahun, 6 bulan dan 23 hari yang lalu.